Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

UU Pemilu Langgengkan Politik Oligarki

Kamis, 03 Mei 2012 – 02:02 WIB
UU Pemilu Langgengkan Politik Oligarki - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Umum Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Damianus Taufan mengatakan Undang-Undang (UU) Tentang Pemilihan Umum bertentangan dengan prinsip dasar negara demokrasi karena syarat dengan motif pengendalian hak berpolitik rakyat.

“Kami melihat, motif yang sesungguhnya dari UU itu adalah upaya sistimatis untuk menghalangi masuknya peserta baru dalam lapangan politik,” kata SRI Damianus Taufan, di Jakarta, Rabu (2/5).

Penetapan parliamentary threshold (PT) secara nasional lanjutnya, jelas melanggar prinsip pluralitas politik yang merupakan fakta sejarah dan kondisi sosiologis bangsa ini. Kata dia, hal ini menghilangkan eksistensi partai-partai yang karena status minoritasnya, tidak mungkin mencapai ketentuan PT nasional tersebut.

“Partai SRI mendukung prinsip penyederhanaan partai, tetapi dengan syarat bahwa semua pandangan politik sudah ditampilkan di layar politik nasional. Dalam fakta hari ini, layar politik nasional belum memperlihatkan pluralitas pandangan politik nasional itu. Tanpa kesamaan akses pada sistem politik, perpolitikan nasional hanya akan dikuasai terus menerus oleh kelompok oligarki,” jelas dia.

JAKARTA - Ketua Umum Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Damianus Taufan mengatakan Undang-Undang (UU) Tentang Pemilihan Umum bertentangan dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close