Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vaginismus Ganggu Rumah Tangga

Jumat, 04 Juli 2014 – 01:53 WIB
Vaginismus Ganggu Rumah Tangga - JPNN.COM
Foto Ilustrasi: Dimas/Jawa Pos

jpnn.com - SURABAYA – Bukan hanya lelaki, perempuan pun mengalami disfungsi seksual. Salah satu wujudnya adalah vaginismus.

Dokter Astie Young, hypnotherapist of Metamorphosis Institute Surabaya, menuturkan bahwa meski jarang dikeluhkan, dirinya pernah menangani pasien dengan keluhan vaginismus.

Salah seorang di antaranya seorang ibu rumah tangga, sebut saja Anjar. Padahal, perempuan 24 tahun itu baru saja mencicipi indahnya perkawinan. Tapi, Anjar dan suaminya belum melakukan hubungan suami istri selama enam bulan. ”Mereka itu sudah menikah, tapi sejak malam pertama nggak berhubungan intim sama sekali,” jelasnya.

Saat disentuh, sang istri gemetar dan berkeringat dingin. Otot-otot kewanitaan mengejang dan mengeras.

Setelah dikorek lebih jauh, ternyata hal itu tidak berlangsung sementara. Namun, hingga enam bulan menikah, otot-otot sekitar paha dan vagina Anjar terus mengejang setiap kali ada sentuhan. ”Kalau tidur seranjang sih nggak apa-apa. Tapi, begitu disentuh, pasti mengerut,” kata Astie

Hal itu jelas membuat sang suami muring-muring. Dia jadi cepat marah dan tidak sabar. Kondisi tersebut membuat perempuan muda itu kian stres. Akhirnya, setelah berkonsultasi, diketahui kondisi tersebut dinyatakan sebagai vaginismus.

Vaginismus merupakan disfungsi seksual pada perempuan yang ditandai kekejangan otot sekitar vagina dan sepertiga bagian bawah vagina.

Oleh Astie, Anjar lantas ditangani dengan hipnoterapi. Terapi yang diberikan adalahforgiveness therapy. Yakni, agar sang istri bisa memaafkan semua kejadian pada masa lalu. ”Penyebabnya, dulu dia didoktrin oleh ayahnya,” sambung dokter yang berpraktik di Raya Kupang Baru itu.

SURABAYA – Bukan hanya lelaki, perempuan pun mengalami disfungsi seksual. Salah satu wujudnya adalah vaginismus. Dokter Astie Young, hypnotherapist of

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA