Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vanili Terbaik di Indonesia Diterbangkan ke Amerika

Sabtu, 13 Agustus 2022 – 20:17 WIB
Vanili Terbaik di Indonesia Diterbangkan ke Amerika - JPNN.COM
Pelepasan ekspor Vanili tujuan Amerika Serikat, Jum'at (12/8). Foto: Diskominfotik NTB

jpnn.com, MATARAM - Sebagai penghasil Vanili terbaik di Indonesia, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mendukung percepatan dan penguatan ekspor.

Ahli dari Balai Penelitian Tanaman dan Obat (Balittro) melakukan pendampingan perbaikan produktivitas vanili.

"Di NTB vanila bisa hidup dan jadi yang terbaik, di Lombok-Sumbawa, jadi tidak hanya harus tembakau," kata Sekda Provinsi NTB Lalu Gita Ariadi, saat pelepasan ekspor Vanili tujuan Amerika Serikat, Jum'at (12/8).

Lalu Gita menyebut komoditas vanili merupakan salah satu produk unggulan di wilayah NTB adalah menjadi harapan agar perekonomian di NTB terus semakin membaik.

"Pemerintah daerah senantiasa memfasilitasi bagaimana proses-proses ekspor unggulan ini dapat terus kita tingkatkan," ucap Sekda.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB Heru Saptaji, juga menyampaikan bahwa ini adalah salah satu komitmen penuh dari BI untuk terus genjot ekspor non tambang.

"Kalau kita lihat perjalannya, pada 2020 sebesar 1,4 ton kemudian di 2021 meningkatkan 2,4 ton dan sekarang meningkat jadi 6,5 ton, terjadi progres yang sangat signifikan" kata Heru.

Oleh karena itu, komitmen dari BI adalah bagaimana program sisi hulu ini harus juga inline dengan program quality control yang melekat didalamnya.

Balai Penelitian Tanaman dan Obat (Balittro)nyatakan bahwa salah satu vanili terbaik di Indonesia itu ada di NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close