Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Viral Oknum PCNU Jaktim Minta Rabithah Alawiyah Dibubarkan, Ternyata...

Sabtu, 02 September 2023 – 18:54 WIB
Viral Oknum PCNU Jaktim Minta Rabithah Alawiyah Dibubarkan, Ternyata... - JPNN.COM
Organisasi Rabithah Alawiyah. Foto: Website Rabithah Alawiyah

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah video berisi pernyataan seorang pria yang mengaku mewakili organisasi Rabithaj Ma'ahid Islamiyah (RMI) PCNU Jakarta Timur viral di media sosial.

Dalam video itu, pria tersebut meminta Rabithah Alawiyah dibubarkan. Rabithah Alawiyah sendiri merupakan organisasi Islam yang menaungi keturunan langsung dari Nabi Muhammad SAW di Indonesia dan menghimpun Warga Negara Indonesia (WNI) keturunan Arab.

Dalam video itu, pria tersebut meminta pemerintah mengambil langkah hukum terhadap Rabithah Alawiyah dengan alasan menjaga kemaslahatan umat di Indonesia. 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur membantah bahwa pernyataan pria yang disampaikan dalam kegiatan diskusi itu mewakili PCNU Jakarta Timur. 

Ketua PCNU Jakarta Timur, Azaz Rulyaqih mengatakan pihaknya tidak pernah terlibat dalam pembahasan Dzurriyat (keturunan) Nabi dan mengeluarkan pernyataan resmi terkait. 

"Kami klarifikasi bahwa pendapat yang ingin menyatakan memenjarakan atau membubarkan Rabithah Alawiyah adalah pendapat pribadi," kata Azaz di Jakarta Timur, Sabtu (2/9).

Dia menyatakan pria yang mengeluarkan pernyataan terkait pembubaran Rabithah Alawiyah memang tercatat pengurus RMI Jakarta Timur, tetapi pernyataan tidak mewakili organisasi. 

Azaz menyebutkan pendapat yang disampaikan dalam kegiatan diskusi pada satu kampus tersebut merupakan tanggung jawab dan konsekuensi pribadi dari pihak mengeluarkan pernyataan.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jakarta Timur luruskan isu video oknum yang meminta pembubaran Rabithah Alawiyah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close