Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Vitamin C Juga Dibutuhkan Tanaman Untuk Hasilkan Buah Lebih Sehat

Selasa, 16 Juni 2015 – 10:28 WIB
Vitamin C Juga Dibutuhkan Tanaman Untuk Hasilkan Buah Lebih Sehat - JPNN.COM

Seorang peneliti Queensland mengatakan dengan memahami peranan vitamin C dalam proses budidaya buah bisa membantu petani mendapatkan tanaman yang lebih sehat. Tak hanya itu, bahkan bisa membantu petani saat menghadapi kekeringan.

Para peneliti di Queensland University of Technology mencoba mengidentifikasi bagaimana tanaman buah membuat dan mengatur tingkat vitamin C dalam sel-nya.

Profesor Roger Hellens, seroang ahli bioteknologi pertanian berharap penelitiannya ini nanti dapat membantu para petani untuk memahami bagaimana mengubah tanaman dengan kandungan vitamin C rendah menjadi lebih kaya vitamin C. Misalnya, pada pohon pisang. 

"Vitamin C sangat penting untuk tanaman. Ini membantu mereka disaat tanaman sedang dalam keadaan tertekan atau stres," kata Profesor Hellens. "Jadi mengubah tingkat vitamin C dalam tanaman mungkin akan membuat mereka lebih tahan terhadap kekeringan, misalnya."

Vitamin C Juga Dibutuhkan Tanaman Untuk Hasilkan Buah Lebih Sehat
Kiwi menjadi salah satu buah dengan kandungan Vitamin C tinggi. Foto: Flickr: PATARIKA.

"Tapi benar-benar tujuan utama kami adalah berusaha untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam buah yang kita makan."

Profesor Hellens mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami mengapa beberapa buah memiliki kadar tinggi vitamin C, sedang yang lainnya tidak.

"Buah Kiwi yang tinggi [vitamin C]. Tapi ada banyak buah-buahan lain, seperti tomat, apel dan pisang, yang kandungan vitamin C-nya cukup rendah, tetapi sangat populer dikonsumsi orang-orang sepanjang waktu," katanya.

"Jika kita percaya meningkatkan kadar vitamin C dalam makanan kita akan memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, bukankah akan baik jika kita juga meningkatkan kadar vitamin C di beberapa buah-buahan dan sayuran yang kita makan?" ujar Profesor Hellens.

Seorang peneliti Queensland mengatakan dengan memahami peranan vitamin C dalam proses budidaya buah bisa membantu petani mendapatkan tanaman yang

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA