Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waduh! Terjadi Penurunan Kepercayaan Publik Hampir di Semua Lembaga Negara

Senin, 25 April 2022 – 19:07 WIB
Waduh! Terjadi Penurunan Kepercayaan Publik Hampir di Semua Lembaga Negara - JPNN.COM
Charta Politika menyebut TNI mengantongi tingkat kepercayaan rakyat sebesar 85,1 persen. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih menjadi lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi dibandingkan institusi negara lainnya berdasarkan temuan teranyar Charta Politika. 

Adapun, TNI mengantongi tingkat kepercayaan rakyat sebesar 85,1 persen. Unggul dari tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga kepresidenan dengan 75,8 persen. 

Polri menempati posisi ketiga lembaga pemilik tingkat kepercayaan tertinggi dari masyarakat dengan 70,6 persen. 

"Kalau dilihat tiga besarnya, masih dipegang oleh tiga lembaga tinggi negara tadi," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam keterangan persnya, Senin (25/4). 

Berturut-turut setelah itu, lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi keempat sampai kesepuluh ditempati KPK (69,9 persen), MA (67,5 persen), MK (66,5 persen), Kejagung (65,6 persen), MPR RI (63,5 persen), DPD RI (56,2 persen), dan DPR RI (53,9 persen). 

Namun, kata Yunarto, ada penurunan tingkat kepercayaan masyarakat hampir kepada semua instansi negara apabila dibandingkan survei Charta Politika sebelumnya. 

Semisal kepercayaan ke TNI yang kini 85,1 persen pada April 2022. Angka itu lebih rendah dari temuan pada Februari 2022 yang tercatat 89,3 persen.

Selanjutnya, tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga kepresidenan yang pada Februari tercatat 81,0 persen, menjadi 75,8 persen pada temuan April 2022.

Charta Politika menyebut TNI mengantongi tingkat kepercayaan rakyat sebesar 85,1 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close