Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WALHI Ungkap Praktek Illegal Mining di Sultra

Sabtu, 16 Juli 2011 – 22:44 WIB
WALHI Ungkap Praktek Illegal Mining di Sultra - JPNN.COM
JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkap dugaan praktek illegal mining di Sultra. Pertambangan nikel yang dilakukan PT Bumi Inti Sulawesi (PT BIS) sudah memasuki kawasan hutan produksi terbatas (HPT)  Blok Sorawolio Kota Baubau dengan luas 1.796 Hektar.

Berdasarkan hasi investigasi Tim WALHI menemukan fakta bahwa PT BIS telah merambah kawasan hutan dengan membuat jalan sepanjang 24 kilometer dengan lebar sekitar 35 meter di dalam kawasan. Tanpa mengantongi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan dari Menteri Kehutanan pembangunan jalan di tengah kawasan hutan ini hampir mencapai batas Kecamatan Bungi yang berada di wilayah hilir Blok Sorawolio. Selain itu membangun jalan, perusahaan juga telah mendirikan basecamp karyawan, laboratorium, bengkel, mushola, kantor dan sejumlah fasilitas pabrik lain di dalam kawasan hutan.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulawesi Tenggara, Hartono mengungkapkan bahwa melihat fasilitas jalan dan sarana pendukung pabrik sudah dibangun sejak setahun yang lalu. “Ada tindakan pidana kehutanan dan pelanggaran RTRW Kota Baubau yang sengaja dilakukan oleh PT BIS dan dibiarkan oleh pemerintah Kota Baubau serta aparat penegak hukum. Padahal, soal PT BIS ini sudah sejak tahun 2008 diprotes warga di wilayah Kecamatan Bungi dan Sorawolio, termasuk aktifis lingkungan” ujar Hartono kepada JPNN ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu (16/7).

Akibat aktivitasi yang dilakukan PT BIS, kata Hartono tiga kali yang mengalir ke wilayah pertanian Kecamatan Bungi di wilayah hilir tertutup (menjadi kali mati). Padahal kata dia, Padahal, wilayah Bungi selama ini menjadi lumbung pertanian dan sumber mata air bagi PDAM Kota Baubau.

JAKARTA - Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkap dugaan praktek illegal mining di Sultra. Pertambangan nikel yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close