Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendag Jerry Ungkap 2 Kunci agar ASEAN Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Kamis, 11 Mei 2023 – 21:40 WIB
Wamendag Jerry Ungkap 2 Kunci agar ASEAN Menjadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia - JPNN.COM
Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan ada dua kunci yang bisa menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. Foto dok. Kemendag RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menekankan pentingnya integrasi dan digitalisasi untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia. 

Menurut Wamendag Jerry, integrasi ASEAN yang dirancang melalui roadmap Masyarakat Ekonomi ASEAN dan kemudian terimplementasi dalam berbagai perjanjian ekonomi dan perdagangan harus terus dilanjutkan dengan menyelesaikan berbagai isu-isu bersama. 

Jerry menekankan bahwa integrasi yang akan diwujudkan harus mampu mengoptimalkan potensi ASEAN di satu sisi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi serta mampu mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat ASEAN di sisi lain. 

"Seluruh negara ASEAN sebaiknya makin aktif mengambil langkah konkret dalam penyelesaian isu-isu integrasi tersebut," kata Wamendag Jerry dalam pertemuan Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Community Council beberapa waktu lalu.

Secara khusus Wamendag juga berbicara mengenai isu digitalisasi yang dalam konteks ASEAN akan mulai dilembagakan dalam Studi Pembentukan Kerangka Kerja Ekonomi Digital ASEAN atau Digital Economic Framework Agreement/DEPA yang dapat dimulai akhir tahun ini. 

Di depan para menteri perdagangan dan ekonomi ASEAN, Jerry mengajak seluruh delegasi membawa ASEAN sebagai yang terdepan dalam ekonomi digital.

" Ekonomi digital adalah keniscayaan di masa kini dan masa depan. Oleh karena itu, ASEAN perlu bergegas dan responsif terhadap sektor ini sehingga seluruh potensi ekonomi digital ASEAN bisa terkelola dengan baik," kata Wamendag didampingi Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag, Djatmiko Bris Witjaksono.

Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menjadi Chairman dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa seluruh negara ASEAN telah mendukung dokumen inisiarif berupa ASEAN Leaders' Declaration on Advancing Regional Payment Connectivity and Local Currency Transaction Mechanism'.

Wamendag Jerry Sambuaga mengungkapkan ada dua kunci yang bisa menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close