Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wamendagri John Wempi Dorong Pemda Berikan Pelayanan Optimal Kepada Masyarakat

Kamis, 25 April 2024 – 07:56 WIB
Wamendagri John Wempi Dorong Pemda Berikan Pelayanan Optimal Kepada Masyarakat - JPNN.COM
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo menyerahkan piagam penghargaan kepada penerima SPM Awards 2024 pada acara yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4). Foto: Dokumentasi Puspen Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mendorong pemerintah daerah (pemda) memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

Hal itu disampakan Wamendagri saat membuka acara Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4).

Wempi menjelaskan SPM Awards 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah (Ditjen Bangda) bertujuan meningkatkan komitmen pemda dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar masyarakat.

"SPM diharapkan akan menjamin terwujudnya hak-hak individu masyarakat, serta dapat menjamin akses untuk mendapatkan pelayanan dasar yang wajib diselenggarakan oleh pemerintah daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wamendagri John Wempi.

Wempi menyebut tahun 2023 merupakan tahun kelima penerapan SPM.

Berdasarkan hasil monitoring evaluasi pelaksanaan penerapan SPM di daerah, secara umum terjadi tren peningkatan nilai indeks rata-rata capaian SPM.

Angka tersebut, yakni pada tahun 2019 sebesar 52,53 persen, tahun 2020 sebesar 62,45 persen.

Kemudian tahun 2021 sebesar 69,71 persen, tahun 2022 sebesar 76,94 persen, dan tahun 2023 sebesar 83,29 persen.

Wamendagri John Wempi menyampaikan sejumlah pesan saat membuka acara SPM Awards 2024 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/4)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close