Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wanita dan Anak-Anak Tewas Dibakar, PBB Tunjuk Hidung Militer Myanmar

Rabu, 29 Desember 2021 – 18:59 WIB
Wanita dan Anak-Anak Tewas Dibakar, PBB Tunjuk Hidung Militer Myanmar - JPNN.COM
Sukamta berharap Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN mampu menghentikan kekerasan di Myanmar. Ilustrasi : ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/AWW/djo

jpnn.com, SINGAPURA - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta pihak berwenang Myanmar untuk menyelidiki laporan pembunuhan terhadap 35 warga sipil yang menurut para aktivis oposisi dilakukan oleh tentara pemerintah.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat Martin Griffiths mengatakan ada laporan yang dapat dipercaya bahwa warga sipil, termasuk setidaknya satu anak, dipaksa keluar dari kendaraan, dibunuh, dan dibakar.

Griffiths tidak menjelaskan mengapa dia menganggap laporan itu dapat dipercaya.

"Saya ngeri dengan laporan serangan terhadap warga sipil. Saya mengutuk insiden menyedihkan ini dan semua serangan terhadap warga sipil di seluruh negeri, yang dilarang berdasarkan hukum humaniter internasional," kata dia dalam sebuah pernyataan.

Griffiths menyerukan penyelidikan "menyeluruh dan transparan" sehingga para pelaku dapat diadili.

Militer Myanmar belum mengomentari pembunuhan di dekat Desa Mo So di Negara Bagian Kayah pada Jumat (24/12) itu. Panggilan telepon ke juru bicara junta Zaw Min Tun juga tidak dijawab.

Media pemerintah melaporkan pada Minggu (26/12) bahwa tentara telah menembak dan membunuh sejumlah "teroris dengan senjata" di desa itu. Namun, laporan tersebut tidak menyebut apa pun mengenai warga sipil.

Kedutaan Besar Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah unggahan di Twitter bahwa mereka "terkejut dengan serangan biadab ini".

Laporan yang dapat dipercaya menyebutkan warga sipil, termasuk setidaknya satu anak, dipaksa keluar dari kendaraan, dibunuh, dan dibakar.oleh militer Myanmar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close