Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres: Jangan Usir Penambang Rakyat di Bombana

Kamis, 26 Februari 2009 – 10:13 WIB
Wapres: Jangan Usir Penambang Rakyat di Bombana - JPNN.COM
KENDARI- Pemprov Sultra dan Pemkab Bombana telah merencanakan menutup penambangan emas di Kabupaten Bombana, 17 Maret nanti. Namun, rencana menutup tambang emas Bombana dari penambang rakyat , itu tak disetujui oleh wakil presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

   

Kenyataan berbagai potensi di Indonesia selama ini, seperti hutan yang ditebang pihak asing dan  memberikan PPN Kilang yang dikelola tanpa kontrol yang baik, menurut Wapres, hanya menyebabkan Indonesia mendapat bagian kecil dari kekayaan tersebut.    

"Itu jangan lagi terulang. Kita semua harus menjalankan ini sebaik-baiknya.  Kalau rakyat menambang dengan kurang pengetahuan, bukannya diusir tapi diajar bagaimana bisa lebih baik. Undang para ahli bagaimana menambang dengan baik, bukan mengusirnya," kata Wapres Jusuf Kalla di hadapan Gubernur Nur Alam, Wagub Sultra, Saleh Lasata, para Bupati dan walikota se-Sultra serta ribuan undangan, saat memberikan pengarahan pembukaan rapat koordinasi (Rakor) singkronisasi pelaksanaan Bahteramas di Ex Arena MTQ, Rabu (25/2).

   

Menurut Wapres, kalau masyarakat kekurangan modal, pemerintah harusnya mengumpulkan mereka untuk berkoperasi, dan memanggil bank untuk membiayainya. Kalau melanggar lingkungan hidup, maka pemerintah harus mengajari agar masyarakat tidak melanggar lingkungan hidup. 

KENDARI- Pemprov Sultra dan Pemkab Bombana telah merencanakan menutup penambangan emas di Kabupaten Bombana, 17 Maret nanti. Namun, rencana menutup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA