Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wapres Zimbabwe Jual Emas 3,7 Ton

Kamis, 26 Februari 2009 – 07:07 WIB
Wapres Zimbabwe Jual Emas 3,7 Ton - JPNN.COM
HARARE - Sungguh paradoks yang terjadi di Zimbabwe ini. Di kala negara berkubang krisis politik, kehancuran ekonomi superparah, dan penyakit kolera akut, para pemimpinnya justru hidup mewah dan bergelimang harta. Setelah Presiden Robert Mugabe baru-baru ini ketahuan memiliki rumah mewah di permukiman elite Hongkong, kini giliran Wakil Presiden Joyce Mujuru yang membuat sensasi. Dia ketahuan hendak menjual emas. Bukan hanya satu atau dua kilogram, melainkan 3,7 ton. Wow! Apesnya, emas sebanyak itu gagal terjual.

Mujuru memang tak menjual sendiri emas ribuan kilogram itu. Dia bersekongkol dengan anak perempuannya, Nyasha, dan sang menantu berkebangsaan Spanyol, Pedro del Campo. Merekalah yang disuruh Mujuru menawarkan dan bersepakat dengan dealer emas di luar negeri.

Dilaporkan Times Online kemarin (25/2), Nyasha dan Pedro telah menawarkan emas senilai USD 90 juta (sekitar Rp 1,08 triliun) itu ke Firstar Europe Ltd yang bermarkas di Inggris. Berdasar harga pasaran saat ini, harga satu kilogram emas sekitar USD 30.700.

Saat korespondensi dengan Firstar via email pada November lalu, Pedro menawarkan bongkahan emas senilai 3,7 ton dan melampirkan sertifikat keaslian dari Republik Demokratik Kongo. Bukan hanya itu, dia menawarkan berlian senilai USD 15 juta. Namun, berlian tersebut tak dilampiri sertifikat keaslian.

HARARE - Sungguh paradoks yang terjadi di Zimbabwe ini. Di kala negara berkubang krisis politik, kehancuran ekonomi superparah, dan penyakit kolera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close