Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Cianjur Abaikan Larangan Mudik

Senin, 11 Mei 2020 – 20:29 WIB
Warga Cianjur Abaikan Larangan Mudik - JPNN.COM
Volume kendaraan pemudik jarak dekat yang melintas di Cianjur meningkat. Foto: ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, CIANJUR - Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo) Cianjur, Jawa Barat, mencatat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) parsial Jawa Barat, yang diterapkan di wilayah tersebut tidak mengurangi jumlah pemudik ke Cianjur sehingga jumlah pemudik masuk wilayah tersebut meningkat tajam.

"Sejak diberlakukannya PSBB parsial di Cianjur, jumlah pemudik yang pulang ke 32 Kecamatan yang ada terus bertambah, bahkan per hari ini tercatat jumlahnya terus meningkat menjadi 34.362 orang yang rata-rata merantau di zona merah seperti Jabodetabek," kata Kepala Diskominfo Cianjur, Tedy Artiawan pada wartawan Senin (11/5).

Ia menjelaskan, rata-rata pemudik tersebut bekerja sebagai buruh dan karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja, sehingga mereka tidak memiliki penghasilan dan memilih pulang ke kampung halaman.

"Sebagian besar pemudik warga selatan Cianjur yang jumlahnya mencapai 21.226 orang, sedangkan sisanya merupakan warga tersebar di wilayah utara dan kota Cianjur " katanya.

Ia menjelaskan, puluhan ribu pemudik tersebut tersebar di beberapa kecamatan di selatan seperti Kecamatan Cikadu, Sindangbarang, Cidaun dan Naringgul.

Sedangkan untuk wilayah Cianjur Utara sebanyak 13.136 orang pemudik tersebar di Kecamatan Bojongpicung, Mande, Cikalongkulon, Karangtengah, Sukalayu dan Cianjur.

Sedangkan data pemudik tersebut didapat dari hasil survei yang dilakukan petugas di tingkat desa dan kecamatan berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan ketua RT dan RW setempat.

Pihaknya memperkirakan data tersebut akan terus meningkat satu pekan menjelang hari raya.

Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo) Cianjur, Jawa Barat, mencatat PSBB parsial Jawa Barat, yang diterapkan di wilayah tersebut tidak mengurangi jumlah pemudik ke Cianjur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close