Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Jatim, Silakan Simak Pengumuman dari Irjen Nico Afinta

Selasa, 29 Desember 2020 – 19:59 WIB
Warga Jatim, Silakan Simak Pengumuman dari Irjen Nico Afinta - JPNN.COM
Irjen Pol Dr Nico Afinta. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta menyatakan pihaknya sedang skema pemberlakuan jam malam yang diterapkan saat malam Tahun Baru 2021.

Jam malam akan diberlakukan untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat guna mencegah makin tingginya kasus Covid-19.

"Nanti kan ada pembatasan waktu (pemberlakuan jam malam) sekitar jam 20.00 WIB atau jam 21.00 WIB. Saat ini surat edarannya sudah disiapkan Satgas Penananganan Covid-19 Jawa Timur, dan tidak hanya untuk libur tahun baru saja, tapi terus," ujar Kepala Polda Jawa Timur, Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, di Surabaya, Selasa (29/12).

Dikatakan, aturan tersebut sesuai Maklumat Kapolri Jenderal Idham Aziz, yang meminta agar tidak ada kerumunan atau perayaan di malam pergantian tahun.

Selain itu, sesuai kesepakatan bersama dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kodam V/Brawijaya, serta organisasi kesehatan di Jatim, setiap daerah kabupaten/kota dan kelompok tidak melakukan perayaan yang dapat menimbulkan kerumunan.

"Kedua, kami juga akan membubarkan ketika ada kerumunan dan trek-trekan di jalanan dengan mengedepankan upaya preventif. Kemudian kami siapkan alat tes cepat antigen. Ketika ada kerumunan langsung langsung dites sehingga ketika ada yang positif bisa segera tertangani," kata Irjen Nico Afinta.

Irjen Nico mengatakan, hal itu sangat penting, sebab saat ini ditemukan mutasi baru dari Covid-19 dari Inggris yang penularannya lebih mudah dan cepat.

Mutasi baru dari virus corona saat ini, lanjut dia, diketahui telah masuk ke Singapura yang jaraknya sangat dekat di Indonesia sehingga apabila tidak diantisipasi dengan baik akan terjadi penularan yang lebih besar.

Irjen Nico Afinta menyampaikan pengumuman penting yang harus diketahui seluruh masyarakat Jatim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close