Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Papua Dilarang Gelar Kegiatan Peringatan HUT OPM

Selasa, 26 November 2019 – 21:20 WIB
Warga Papua Dilarang Gelar Kegiatan Peringatan HUT OPM - JPNN.COM
Pengibaran bendera bintang kejora. Foto dokumen JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Polda Papua saat ini mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua menjelang HUT OPM pada 1 Desember.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengakui banyaknya personel itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Apalagi awal Desember ada berbagai kegiatan keagamaan berlangsung sebelum Natal sehingga diharapkan masyarakat khususnya umat Kristiani tetap bisa melaksanakannya tanpa gangguan.

Khusus untuk kegiatan memeringati HUT OPM yang jatuh 1 Desember mendatang, Kapolda Papua menegaskan sudah sepakat dengan Pemprov Papua untuk tidak mengizinkan seluruh kegiatan dengan alasan apapun.

Larangan juga berlaku untuk kegiatan ibadah dalam rangka memperingati 1 Desember. Pasalnya, polisi khawatir acara ibadah juga akan disusupi dan menjadi pemicu, mengingat ada kelompok tertentu yang ingin membenturkan warga dengan aparat keamanan.

“Berdasarkan pengalaman, kami ingin menjaga keamanan dengan tidak memberikan ruang untuk melakukan kegiatan memperingati 1 Desember,” kata Waterpauw usai pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Jayapura.

Dia mengatakan, tidak ada penambahan pasukan di HUT OPM karena personel yang dikerahkan itu sudah berada sejak beberapa bulan lalu. (antara/jpnn)

 

Polisi khawatir acara ibadah peringatan HUT OPM 1 Desember juga akan disusupi oknum tertentu.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close