Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga sedang Kelaparan, Tolong Negara jangan Pelit Berikan Bantuan Sosial

Rabu, 22 April 2020 – 16:53 WIB
Warga sedang Kelaparan, Tolong Negara jangan Pelit Berikan Bantuan Sosial - JPNN.COM
Warga memperlihatkan isi bantuan sembako pemerintah sebagai bantuan pangan akibat wabah COVID-19 di kawasan RW 03 Kebon Kacang, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio berharap pemerintah tidak pelit memberi bantuan pangan kepada masyarakat selama diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Mengingat selama PSBB banyak pekerja yang tidak mendapatkan penghasilan.

"Ketika dilakukan PSBB atau karatina kan harus work from home (WFH). Banyak masyarakat tidak bekerja sehingga mereka harus dikasih makan. Jadi saya katakan, pemerintah jangan pelit untuk kasih makan rakyatnya," tegas Agus pada saat konferensi video Zoom bersama awak media, Rabu (22/4).

Menurut Agus, pemerintah juga jangan lagi menunda-nunda penyaluran bantuan sosial (bansos).

Agus mengatakan, banyak masyarakat sudah tidak sanggup bertahan hidup, mengingat maraknya pelaku begal yang mulai bermunculan.

"Di ujung jalan sana ada begal, jadi kita sedang jaga bagaimana masyarakat semua bisa makan dan tidak ada lagi begal. Jadi sekali pemerintah jangan pelit, tolong kasih makan warga sekarang juga karena kalau tidak kondisi akan semakin parah," tegasnya.

Selain itu, lanjut Agus, dengan adanya larangan mudik lebaran 2020 semakin banyak masyarakat yang terdampak. Misalnya sopir-sopir tranportasi yang terpaksa berenti beroperasi selama lebaran.

"Bus yang tadinya boleh beroperasi, sekarang dilarang. Lalu yang kasih makan sopir-sopir itu siapa? pasti harus negara. Intinya negara jangan pelit," tandasnya. (mg9/jpnn)

Pemerintah diingatkan jangan sampai menunda pemberian bantuan sosial pada warga saat PSBB karena banyak warga kelaparan.

Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close