Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warisan Krisis Untuk Jawara Pilpres AS

Rabu, 05 November 2008 – 09:25 WIB
Warisan Krisis Untuk Jawara Pilpres AS - JPNN.COM
WASHINGTON - Jawara pilpres 4 November 2008 tak bisa berlama-lama merayakan kemenangan. Selama 77 hari masa transisi kepemimpinannya, pasangan terpilih harus mampu memformulasikan strategi ekonomi yang tangguh guna mengentaskan AS dari krisis. Tak pelak, pemerintahan baru yang akan dibentuk dipengaruhi bayang-bayang krisis ekonomi.

Berita kurang sedap akibat badai krisis ekonomi itu mewarnai hari pencoblosan kemarin (4/11). Senin (3/11) produsen-produsen besar otomotif AS melaporkan bahwa transaksi jual beli mereka akhir-akhir ini turun sangat tajam. Khususnya penjualan mobil pribadi dan truk kecil. Penurunan dialami General Motor (GM) Corp., Ford Motor Co., dan Toyota Motor Corp. ''Penjualan GM menurun 45 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Ford turun 30 persen dan Toyota 23 persen,'' tulis The Wall Street Journal (WSJ).

Salah seorang eksekutif GM mengaku cukup kewalahan menghadapi krisis ekonomi tahun ini. ''Ini adalah bulan terburuk sepanjang sejarah penjualan GM sejak berakhirnya Perang Dunia II,'' kata petinggi GM yang tidak disebutkan namanya tersebut. Namun, GM masih beruntung dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di industri yang menjadi tiang perekonomian AS tersebut. Mereka tidak hanya mengalami penurunan penjualan, tapi juga terpaksa memangkas output produk.

''Kami memang sedang menghadapi situasi sulit yang bisa berkembang ke arah Great Depression jika tidak ditangani dengan cermat,'' papar Daniel DiMicco, chief executive pabrik baja Nucor Corp.

WASHINGTON - Jawara pilpres 4 November 2008 tak bisa berlama-lama merayakan kemenangan. Selama 77 hari masa transisi kepemimpinannya, pasangan terpilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA