Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warning dari Jokowi Soal Hubungan Antara ASEAN dan China

Selasa, 26 Oktober 2021 – 18:58 WIB
Warning dari Jokowi Soal Hubungan Antara ASEAN dan China - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo tidak ingin hubungan antara ASEAN dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang sudah terbangun selama 30 tahun rusak.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mendorong negara-negara di ASEAN terus menjalankan kemitraan yang saling menghormati dan menguntungkan dengan RRT yang telah terjalin selama 30 tahun.

"Masa 30 tahun adalah waktu yang cukup untuk membangun kepercayaan antara kita," ujar presiden dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-24 ASEAN-RRT yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (26/10).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan ASEAN dan RRT memiliki kepentingan yang sama untuk membangun kawasan yang damai dan stabil, termasuk di Laut China Selatan dengan terus menghormati hukum internasional.

"Keberhasilan kita membangun kemitraan yang kokoh antara lain akan sangat dipengaruhi bagaimana kita mengelola Laut China Selatan," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Jokowi, ASEAN dan RRT juga memiliki kepentingan yang sama untuk terus membangun kemitraan guna meningkatkan kesejahteraan. Pria asal Soli itu menegaskan jangan sampai negara-negara ASEAN terjebak di antara rivalitas yang dapat merugikan.

"ASEAN justru ingin mengembangkan kerja sama secara terbuka, secara inklusif, dengan semua mitra di empat prioritas yaitu maritim, konektivitas, pencapaian SDGs, dan penguatan perdagangan investasi," kata Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini bahwa kemitraan yang sudah terbangun 30 tahun seharusnya menjadi modal yang kuat.

"Jika kerja sama ini berhasil kita lakukan, maka sebuah kemitraan strategis komprehensif akan merupakan sebuah keniscayaan," tandasnya. (tan/jpnn)

Jokowi tidak ingin hubungan antara ASEAN dengan Republik Rakyat Tiongkok yang sudah terbangun selama 30 tahun rusak.

Redaktur : Friederich
Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close