Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warning dari LIPI: Gempa dan Tsunami Raksasa akan Datang

Jumat, 25 September 2020 – 21:31 WIB
Warning dari LIPI: Gempa dan Tsunami Raksasa akan Datang - JPNN.COM
Alat pendeteksi tsunami. Foto: Radar Lombok

jpnn.com, JAKARTA - Tim Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI memprediksi gempa dan tsunami raksasa akan berulang di jalur-jalur tunjaman lempeng.

"Gempa dan tsunami raksasa dari jalur-jalur tunjaman lempeng dipastikan terjadi berulang," kata Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Eko Yulianto saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Jumat.

"Jalur-jalur ini akan tetap menghasilkan gempa dan tsunami raksasa di masa datang. Tiap-tiap jalur memiliki waktu perulangan ratusan hingga ribuan tahun."

Tim Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI meneliti tsunami purba sejak 2006 di pantai Lebak, Pangandaran, Cilacap, Kutoarjo, Kulonprogo dan Pacitan.

Endapan tsunami berumur 300 tahun ditemukan di sepanjang pantai itu.

Di Lebak, tsunami tersebut mengendapkan batang-batang kayu di suatu rawa 1,5 kilometer (km) dari garis pantai. Di Pangandaran, tsunami itu menghancurkan mangrove.

Penelitian di lokasi bandara baru Kulonprogo menemukan pasir yang kaya akan jasad renik penghuni laut dalam, foraminifera, dan radiolaria.

Lokasi-lokasi endapan tsunami purba tersebut berada hingga 2,5 km dari garis pantai. Artinya, tsunami merangsek daratan setidaknya sampai 2,5 km.

LIPI merilis laporan terkait potensi gempa dan tsunami raksasa dari jalur-jalur tunjaman lempeng pasti akan berulang pada masa datang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close