Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini...

Kamis, 08 Juli 2021 – 10:47 WIB
Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini... - JPNN.COM
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi pada 8-9 Juli 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo menyatakan sejumlah perairan di Indonesia berpeluang mengalami gelombang tinggi hingga empat meter.

Menurutnya, gelombang tinggi kisaran 2,50-4,0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, perairan barat Pulau Enggano, Bengkulu, perairan barat Lampung.

"Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Jawa-Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa-NTT," jelas Eko dalam keterangan resminya, Kamis (8/7).

Eko menjelaskan terdapat pola sirkulasi di Laut Natuna dan perairan utara Halmahera.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, Samudra Hindia selatan Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

"Kondisi tersebut juga mengakibatkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di beberapa perairan," jelasnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada gelombang tinggi pada 8-9 Juli 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close