Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, BMKG Prediksi Daerah ini Terancam Tsunami 23 Meter

Senin, 21 Maret 2022 – 18:48 WIB
Waspada, BMKG Prediksi Daerah ini Terancam Tsunami 23 Meter - JPNN.COM
Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis hasil pemetaan terbaru terkait ancaman tsunami.

BMKG menyebut Kabupaten Tasikmalaya terancam terkena gelombang tsunami paling tinggi akibat megathrust atau zona subduksi di pantai selatan Jawa Barat.

Menurut pengamat meteorologi dan geofisika (PMG) Stasiun Geofisika Bandung Sandy Nur Eko, ada ancaman gelombang tsunami setinggi 23 meter jika gempa megathrust terjadi, khususnya di Pantai Cipatujah.

"Pantai Cipatujah, Tasikmalaya, ketinggian maksimum tsunami yang akan melanda jika terjadi gempa di zona megathrust adalah 23 meter, dengan waktu tiba sekitar 15 menit," ujar Sandy dalam seminar daring yang digelar BMKG Bandung, Jawa Barat, Senin (21/3).

Dia menyebut kekuatan gempa yang telah dipetakan diprediksi dengan magnitudo 8,7 baik di zona subduksi Selat Sunda atau selatan Jawa Barat.

Pemetaan yang telah dilakukan untuk lima kabupaten yang memiliki pesisir selatan, mulai dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Sandy lebih lanjut mengatakan Kecamatan Pamengpeuk, Garut, juga terancam terkena tsunami setinggi 18 meter jika gempa megathrust terjadi.

Kurang lebih, tsunami bakal sampai 15 menit ke bibir pantai sejak terjadinya gempa.

BKMG memprediksi daerah di pantai selatan Jawa Barat ini terancam terkena gelombang tsunami paling tinggi, mencapai 23 meter.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close