Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada, Dua Hari ke Depan Masih Berpotensi Hujan Angin

Kamis, 17 Januari 2019 – 09:10 WIB
Waspada, Dua Hari ke Depan Masih Berpotensi Hujan Angin - JPNN.COM
Pohon yang rubuh karena terjangan angin. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang menimpa mobil di Jalan Wuni. Tak hanya itu, sebuah rumah juga roboh di Undaan Wetan. Tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa tersebut. 

Dua hari terakhir hujan lebat disertai angin kencang terjadi di Surabaya. Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Fajar Setiawan mengatakan, ada fenomena tekanan rendah di utara Australia. Akibatnya, terjadi peningkatan kecepatan angin dan pertemuan massa udara (konvergensi). ''Fenomena itu mengakibatkan hujan meningkat di sekitar Jatim,'' katanya. 

Pertemuan massa udara itu dipengaruhi panas yang terjadi pada pagi dan siang. Panas tersebut disebabkan konsentrasi awan berkurang. Radiasi matahari tidak terhalang. Wajar jika panas terasa terik sejak pagi hingga sore. Lalu, sore mulai terjadi konvergensi yang berujung hujan. 

Fajar mengatakan, tren hujan lebat disertai angin mulai turun. Berdasar pantauan radar, dua hari ke depan Surabaya dan sekitarnya masih berpotensi hujan disertai angin kencang. 

Radiasi matahari tidak terhalang. Wajar jika panas terasa terik sejak pagi hingga sore. Lalu, sore mulai terjadi konvergensi yang berujung hujan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close