Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Waspada, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kolesterol Tinggi

Kamis, 21 Mei 2020 – 15:09 WIB
Waspada, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kolesterol Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - Kolesterol tinggi adalah penyakit yang menjadi momok banyak orang di zaman modern ini. Bagaimana tidak? Dewasa ini sangat mudah memperoleh makanan enak, apalagi makanan cepat saji.

Ditambah lagi dengan adanya layanan pesan antar makanan yang bisa diakses dengan mudah, membuat makanan apa pun yang Anda mau dapat segera dikonsumsi. Karena kemudahan ini, kebiasaan makan pun jadi tak terkontrol. Akibatnya, kolesterol tinggi pun mengintai.

Berdasarkan data Riskesdas 2007, angka kejadian kolesterol tinggi mencapai 39,8 persen. Meskipun angka tersebut sedikit menurun pada Riskesdas 2013 menjadi 35,9 persen, itu tidak cukup signifikan untuk menekan berbagai komplikasi penyakit akibat kolesterol tinggi.

Mengenal Jenis Kolesterol

Kolesterol dalam bahasa awam disebut juga dengan lemak darah. Kolesterol diperoleh tubuh melalui makanan, tapi bisa juga diproduksi sendiri di dalam tubuh dalam jumlah tertentu.

Sebenarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh karena kolesterol adalah salah satu bahan baku pembuatan hormon, membran sel, vitamin D, dan cairan empedu. Tentunya tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik apabila kekurangan kolesterol.

Namun sebaliknya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi juga tidak baik karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit jantung koroner.

Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi

loading...