Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspada Siklon Tropis Saola

Untuk Kawasan Indonesia Timur

Minggu, 29 Juli 2012 – 05:20 WIB
Waspada Siklon Tropis Saola - JPNN.COM
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini bagi warga yang ada di kawasan Indonesia Timur. Mereka yang tinggal di Kalimantan Timur hingga Papua harus mewasdai dampak siklon tropis Saola. Sebab, badai itu dapat memicu banjir, longsor dan kecelakaan di perairan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwonegoro mengatakan, peringatan itu diperlukan. Sebab, kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis peningkatan depresi tropis menjadi Siklon Saola di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

"Memang, siklon tropis Saola diperkirakan bakal menjauh dari Indonesia, tetapi kekuatannya saat ini makin meningkat dan menguat," ujarnya. Saat ini, posisi siklon tropis tersebut berada di sekitar 14.5 lintang utara, 126.8 bujur timur atau sekitar 1250 km utara Tahuna, Keulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Arah pergerakan Saola adalah di barat laut dengan kecepatan 8 knot atau 15 km per jam. Sutopo sendiri belum tahu pasti kapan Saola bakal beranjak dari tanah air. Yang pasti, dia berharap agar warga saat ini meningkatkan kewaspadaan.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan peringatan dini bagi warga yang ada di kawasan Indonesia Timur. Mereka yang tinggal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA