Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai 4 Efek Kecanduan Ponsel Pada Kesehatan

Sabtu, 23 November 2019 – 04:06 WIB
Waspadai 4 Efek Kecanduan Ponsel Pada Kesehatan - JPNN.COM
Ilustrasi gadget. Foto: AFP

jpnn.com - Saat ini, siapa yang tidak punya ponsel? Salah satu gawai yang tidak lepas dari kita salah satunya adalah ponsel. Alat mungil ini menyimpan banyak fungsi untuk kehidupan kita sehari-hari. Tak sedikit orang yang kecanduan ponsel karena ‘kehebatannya’.

Kecanduan ponsel dan dampaknya pada tubuh

Bicara soal kecanduan, banyak orang akan berpikir pada obat-obatan dan narkotika serat alkohol. Padahal, ada banyak jenis kecanduan lainnya, seperti kecanduan ponsel. Dampaknya bagi kesehatan pun tak bisa disepelekan. Mulai dari gangguan saraf, sampai gangguan psikis.

Berikut beberapa yang perlu Anda waspadai:

1. Carpal tunnel syndrom

Salah satu gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada pengguna secara berlebihan adalah carpal tunnel syndrom (CTS) atau sindrom karpal tunnel. 

Penyakit ini melibatkan penekanan pada saraf median dan menyebabkan sensasi kesemutan pada tangan, umumnya menyerang tiga jari bagian luar (kelingking, jari manis, jari tengah). Selain kesemutan, gejala yang bisa timbul yakni rasa panas dan terbakar dari ibu jari sampai jari tengah. 

Untuk menghindari sindrom ini, hindari aktivitas yang berulang-ulang dengan menggunakan tangan yang sama. Faktor risiko CTS adalah gerakan tangan berulang seperti pada saat menggenggam/menyetir, mengetik, serta postur kerja statis dan tidak ergonomis.

Bicara soal kecanduan, banyak orang akan berpikir pada obat-obatan dan narkotika serat alkohol. Padahal, ada banyak jenis kecanduan lainnya, seperti kecanduan ponsel.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close