Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai Jual Beli Slot Penerbangan Musim Libur Akhir Tahun

Rabu, 13 Desember 2017 – 15:55 WIB
Waspadai Jual Beli Slot Penerbangan Musim Libur Akhir Tahun - JPNN.COM
Garuda Indonesia rute Surabaya-Jakarta delay. Foto: istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan diminta mengantisipasi praktik jual beli slot penerbangan musim libur Natal dan tahun baru. Pasalnya, praktik tersebut dapat mengancam keamanan penumpang.

Ketua Bidang Transportasi dan Energi Seknas Jokowi Tumpak Sitorus mengatakan, Dirjen Perhubungan Udara beserta otoritas bandara di seluruh Indonesia harus memastikan kepada publik bahwa segala prosedur penerbangan dipatuhi.

Tidak boleh ada satu keputusan yang dilanggar, karena ini menyangkut keselamatan orang banyak.

“Masih basah dalam ingatan kita, kejadian peak season Idulfitri 2017 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Terjadi kemandekan lalu-lintas pesawat di runaway Bandara Soetta. Dan hal itu secara langsung berefek domino keterlambatan di seluruh bandara di Indonesia” ungkapnya, Rabu (13/12).

Tumpak menjelaskan, kronologi masalah itu dimungkinkan karena adanya jual beli slot penerbangan. Ada banyak penerbangan yang jauh sebelumnya tidak memiliki slot time tiba-tiba, entah dari mana asalnya, mendapat jadwal. Tumpak menduga hal itu terjadi karena kolusi antara pengawas, regulator dan pihak maskapai penerbangan sipil.

Dalam data yang dimilikinya, seharusnya runaway capacity Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak lebih dari 72 pergerakan pesawat per satu jam. Perhitungan itu mengacu pada Instruksi Menteri Perhubungan No. 8/2016.

Sedangan fakta dilapangan, pada 22 Juni 2017 di Bandara Soetta ada 82 pergerakan pesawat per satu jam. Sedangkan pada tanggal 27 Juni (H+2 Idulfitri) ada 83 pergerakan pesawat.

Pergerakan pesawat yang melebihi aturan, masuk dalam kategori potential hazard yang mengancam keselamatan penerbangan sipil.

Seknas Jokowi berpandangan praktik jual beli slot penerbangan dapat mengancam keamanan penumpang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close