Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waspadai Kampanye Hitam Pada Pilkada 2024

Kamis, 03 Oktober 2024 – 21:54 WIB
Waspadai Kampanye Hitam Pada Pilkada 2024 - JPNN.COM
Ilustrasi - Petugas melakukan patroli daring di ruang Media Center Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). ANTARA FOTO/Irfan Anshori/nz.

jpnn.com - SAMARINDA - Semua pihak terutama masyarakat penting mewaspadai kampanye hitam pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Imbauan disampaikan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur (Kaltim) mengingat penggunaan media sosial yang begitu masif di tengah masyarakat.

Menurut Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kaltim Daini Rahmat, pengawasan juga menjadi sangat penting mengingat tahapan Pilkada 2024 memasuki tahapan kampanye.

Dia menuturkan masa kampanye rawan pelanggaran. Baik administrasi, pidana, maupun kode etik.

Menurutnya, selama tahapan kampanye para pasangan calon (paslon) tentu akan berusaha menawarkan gagasan dan visi misi kepada masyarakat.

"Tahapan kampanye ini cukup singkat, sehingga setiap paslon pasti akan mencoba melakukan berbagai kegiatan untuk mempengaruhi pemilih," ucapnya.

Untuk itu, dia mengingatkan agar para paslon menaati peraturan perundang-undangan yang juga telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) RI.

Menurut Daini, Bawaslu Kaltim telah menyiapkan pengawas hingga tingkat kelurahan untuk melakukan pengawasan seara maksimal.

Semua pihak terutama masyarakat dinilai penting mewaspadai kampanye hitam pada pelaksanaan Pilkada 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA