Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wayang Jazz Baruwani, Inovasi SBI & Seniman Cilacap dalam Pemberdayaan Masyarakat

Minggu, 07 Januari 2024 – 03:22 WIB
Wayang Jazz Baruwani, Inovasi SBI & Seniman Cilacap dalam Pemberdayaan Masyarakat - JPNN.COM
Melalui anak usahanya, yakni PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap, SIG mendorong pengembangan Wayang Jazz Baruwani, yang kini menjadi ikon seni ‘kreasi baru’ di masyarakat Kabupaten Cilacap. Foto dok SIG

jpnn.com, CILACAP - PT Semen Indonesia (SIG) terus berinovasi menciptakan terobosan, salah satunya di program pemberdayaan masyarakat.

Melalui anak usahanya, yakni PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Cilacap, SIG mendorong pengembangan Wayang Jazz Baruwani, yang kini menjadi ikon seni ‘kreasi baru’ di masyarakat Kabupaten Cilacap.

Wayang Jazz Baruwani didirikan oleh seniman kenamaan asal Cilacap, Daryono Yunani. Berbeda dari wayang pada umumnya, Wayang Jazz Baruwani memanfaatkan sampah sebagai media pembuatannya.

Kebaruan juga tersaji dengan penggunaan musik pengiring bergenre jazz yang dipadukan dengan musik etnik. Durasi pertunjukan juga lebih ringkas, yakni 30-90 menit.

Baruwani merupakan program pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat (komunitas) yang dirintis sejak 2019.

Program yang menerapkan prinsip ekonomi sirkular ini mengajak masyarakat memilah sampah dari rumah dan mengolahnya menjadi barang bernilai ekonomi.

Daryono menjelaskan pembentukan Wayang Jazz Baruwani bermula dari diskusi Kelompok Sanggar Bambu yang dia pimpin bekerja sama dengan SBI Pabrik Cilacap.

Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui unsur seni budaya lokal, misalnya wayang 'runtah' (bahasa Cilacap berarti sampah).

Berbeda dari wayang pada umumnya, Wayang Jazz Baruwani memanfaatkan sampah sebagai media pembuatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close