Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Xanana Gusmao, Cerita Tentang Susi, Kejenakaan Pada Hari Tua & Kerinduan akan Toba

Minggu, 22 September 2019 – 05:50 WIB
Xanana Gusmao, Cerita Tentang Susi, Kejenakaan Pada Hari Tua & Kerinduan akan Toba - JPNN.COM
Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao di Palacio do Governo, Dili, Jumat (13/9). Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com - Tokoh penting Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) Xanana Gusmao kini tak muda lagi. Seluruh rambutnya sudah memutih.

Namun, cengkeraman tangan tokoh kelahiran 20 Juni 1946 tersebut masih kuat. Demikian pula saat tertawa lepas, Presiden Pertama Timor Leste itu bisa berkali-kali menepuk meja.

Mantan komandan Forcas Armadas da Libertacao Nacional de Timor-Leste (FALINTIL) yang pernah dituduh melakukan makar dan subversi pada era pemerintahan Orde Baru itu merupakan sosok hangat dan bersahabat.

“Kami senang saat orang Indonesia datang (mengunjungi Timor Leste, red),” ujarnya dalam Bahasa Inggris saat menerima lawatan Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Palacio de Governo, Dili, Jumat (13/9).

Hampir selama satu jam pemilik nama Kay Rala Xanana Gusmão itu berbicara banyak hal soal Indonesia dan Timor Leste. Salah satu obrolannya mengenai sahabatnya yang juga Presiden Ketiga RI BJ Habibie.

Kepergian Habibie pada 11 September 2019 meninggalkan dukacita mendalam bagi Xanana dan rakyatnya. Tokoh Dirgantara Nasional itu merupakan figur yang sangat dihormati rakyat Timor Leste.

Habibie saat menjadi Presiden RI mendorong referendum bagi rakyat di negeri yang sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur tersebut. Habibie pula yang membebaskan Xanana dari penjara.

“Saat itu saya di Jakarta Timur (LP Cipinang, red),” tutur Xanana yang sesekali menghentikan bicaranya sejenak ketika menceritakan Habibie.

Presiden Pertama Timor Leste Xanana Gusmao yang pernah dituduh melakukan makar dan subversi terhadap pemerintahan Presiden Soeharto merupakan sosok humoris yang hangat dan bersahabat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close