Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ya Ampun, Ada Hoaks Foto #2019GantiPresiden Catut UMM

Minggu, 09 September 2018 – 02:12 WIB
Ya Ampun, Ada Hoaks Foto #2019GantiPresiden Catut UMM - JPNN.COM
HOAKS: Foto hoaks hasil editan yang menonjolkan formasi #2019GantiPresiden dengan memanfaatkan inaugurasi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Foto: Facebook

jpnn.com, MALANG - Pengguna media sosial baik Facebook, Twitter hingga Instagram dan layanan pesan WhatsApp belakangan ini dihebohkan sebuah foto inaugurasi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang membentuk formasi #2019GantiPresiden. Foto itu menjadi viral dan dianggap seolah-olah buatan UMM.

Terlebih, dalam foto itu ada logo UMM. Foto itu mulai menyebar usai perayaan penerimaan mahasiswa baru UMM pada Senin lalu (3/9).

Setiap tahun, UMM memang membuat formasi berupa gambar atau tulisan dengan memanfaatkan jas almamaternya. Istilahnya jas merah mob.

Ternyata, UMM menepis foto itu. Rektor UMM, Drs Fauzan memastikan foto yang menunjukkan formasi #2019GantiPresiden dengan jas merah mob murni hoaks. 

"Kami sudah membuat keterangan resmi bahwa foto yang disebar di dunia maya itu hoaks. Kami tidak membuat flashmob semacam itu," katanya kepada JawaPos.com, Sabtu (8/9).

Fauzan menambahkan, UMM sudah menyampaikan bantahan itu melalui akunnya di media sosial. Selanjutnya, UMM bakal menempuh jalur hukum untuk memerkarakan pembuat foto hoaks itu.

Menurut Fauzan, tim UMM sudah mengidentifikasi terduga pembuat foto hoaks tersebut. Dia menduga pembuat foto hoaks itu hendak mencari perhatian.

"Nanti itu tim hukum yang akan mengurus, yang jelas kami menempuh upaya hukum. Mungkin terduga pelaku itu ingin cari perhatian saja. Kebetulan momennya pas," bebernya.

Sebuah foto hoaks bergambar #2019GantiPresiden sengaja mencatut proses inaugurasi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close