Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yakinlah, Putra Papua Mampu Bersaing di Segala Bidang

Rabu, 01 Juli 2020 – 09:52 WIB
Yakinlah, Putra Papua Mampu Bersaing di Segala Bidang - JPNN.COM
Yanto Basna menunjukkan semangat tinggi di samping sang saka Merah Putih. Foto: Foto Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Putra-putri asli Papua memiliki kemampuan setara dengan masyarakat lain asalkan mendapat kesempatan sama.

Apalagi saat ini pemerintah juga terus membangun sumber daya manusia melalui berbagai jalur, baik pendidikan, pelatihan juga mengirimkan anak-anak muda Papua berbakat menimba ilmu baik ke luar Papua maupun ke luar negeri.

Bupati Paniai Meki Nawipa menyampaikan, gubernur Papua telah mengirimkan pemuda-pemuda terbaik untuk belajar di luar negeri. Diharapkan ketika kembali mampu membangun Papua, juga Indonesia.

“Ada banyak anak muda Papua yang sekolah di Rusia Eropa Amerika hingga New Zeland, kami bekerja dari hulu ke hilir. Bicara pendidikan tidak semata pintar dan bodoh. Namun juga menghasilkan SDM jujur, mampu dipercaya, kami berusaha merangkum menjadi satu. Papua mampu memimpin,” ujar Meki Nawipa, dalam Diskusi dengan tema, Kepemimpinan Papua Dalam Membangun Indonesia, Selasa (30/6).

Ditegaskan Meki, kesempatan untuk berkontribusi kepada Indonesia selalu terbuka, asalkan anak-anak Papua memakai kesempatan itu untuk mendorong diri sendiri menjadi lebih baik.

Karena itu pemerintah daerah terus menerus mendorong peningkatan SDM. Paling dekat, menurut Meki, akan memberangkatkan 10 anak muda Papua belajar ke Amerika.

Bagi dia, akan menjadi kebanggaan warga Papua mampu berprestasi, baik di luar negeri, di Jakarta, maupun di mana saja. Kembali tidak kembali ke Papua, tidak masalah asalkan berkontribusi positif.

Dia mengajak anak-anak muda Papua juga anak muda Indonesia lain, bahwa untuk menjadi pemimpin, tidak harus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), tetapi bisa menjadi pengusaha.

Putra Papua tidak harus menjadi PNS untuk menunjukkan kontribusinya kepada bangsa dan negara, Yanto Basna contohnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close