Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yang Cantik Mahal, Hingga Rp 20 Juta

Senin, 09 Januari 2017 – 05:48 WIB
Yang Cantik Mahal, Hingga Rp 20 Juta - JPNN.COM
Antrean warga di Kantor Samsat. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Tarif nomor kendaraan cantik juga naik, sebagaimana diatur di Peraturan Pemerintah nomor 60/2016 tentang penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Dalam PP tersebut diatur tarif nomor kendaraan cantik kisaran Rp 5 juta hingga Rp 20 juta.

Hal tersebut membuat pemilik nomor kendaraan cantik harus membayar dengan tarif mahal setiap lima tahun sekali. Pemilik nomor kendaraan cantik mulai pikir-pikir berganti nomor kendaraan.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divhumas Mabes Polri Kombespol Martinus Sitompul menuturkan, dengan pengaturan nomor kendaraan cantik ini, maka setiap lima tahun pemilik nomor cantik memang harus membayar sesuai tarif. ”Bergantung pada PP 60/2016,” ungkapnya.

Yang paling mahal untuk nomor kendaraan cantik yang tidak memiliki huruf di belakang angka, tarifnya mencapai Rp 20 juta rupiah.

Yang paling murah untuk nomo kendaraan cantik yang ada huruf di belakang angka. ”Yang paling mahal itu Rp 5 juta per lima tahun,” tuturnya.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, dipastikan akan meningkatkan pendapatan negara. Kendati begitu, Polri tidak akan menetapkan target penerimaan negara untuk nomor kendaraan cantik.

”Beda ini dengan penerimaan negara lainnya. Yang pasti bisa menekan kemungkinan pungli yang dilakukan oknum,” ujarnya.

Tarif nomor kendaraan cantik juga naik, sebagaimana diatur di Peraturan Pemerintah nomor 60/2016 tentang penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close