Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

YouTube dan AMI Awards 2023 Dukung Musisi Berkiprah di Kancah Internasional

Selasa, 07 November 2023 – 07:17 WIB
YouTube dan AMI Awards 2023 Dukung Musisi Berkiprah di Kancah Internasional - JPNN.COM
Panel diskusi YouTube x AMI Awards serta pengenalan AMI Peduli di Plaza Senayan, Jakarta Selatan pada Senin (6/11). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023 digelar untuk memberikan penghargaan kepada insan kreatif musik.

Tahun ini, AMI Awards menyiapkan penghargaan kepada para musisi tradisional yang selama ini telah berjasa membangun, melestarikan dan memajukan musik tradisional Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, YouTube sebagai platform video online dengan ratusan juta pengguna dan kreator di Indonesia, berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pembangunan manusia dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Menurut data laporan YouTube Impact Report pada 2023, lebih dari 400 ribu kreator dan mitra di Indonesia mempekerjakan orang lain untuk mengelola channel YouTube.

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa, 83 persen perusahaan musik yang memiliki channel YouTube setuju bahwa YouTube penting untuk memperkenalkan artis dan/atau musik baru, dan 82 persen perusahaan musik dengan saluran YouTube setuju bahwa YouTube membantu menjangkau audiens baru di seluruh dunia.

Selanjutnya, 77 persen perusahaan musik dengan saluran YouTube setuju bahwa YouTube telah meningkatkan bakat kreatif di industri musik, dan 86 persen kreator yang menghasilkan uang dari YouTube setuju bahwa pendapatan dari iklan pada konten YouTube merupakan sumber penghasilan yang penting.

Candra Darusman, Ketua Umum Yayasan AMI menilai sejak YouTube hadir di Indonesia, platform multi-format dan multi-category ini membawa dampak besar bagi kemajuan industri musik di Indonesia.

Tidak hanya membantu menemukan talenta baru dari seluruh pelosok negara, tetapi YouTube juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi musisi tanah air untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia.

Sejalan dengan AMI Awards 2023, YouTube berkomitmen untuk berkontribusi terhadap talenta dan musisi Indonesia agar berkiprah di kancah internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close