Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yuk Move On, ini 5 Cara Menghilangkan Rasa Trauma pascaDiselingkuhi

Senin, 02 Maret 2020 – 04:14 WIB
Yuk Move On, ini 5 Cara Menghilangkan Rasa Trauma pascaDiselingkuhi - JPNN.COM
Ilustrasi perselingkuhan. Foto: Marriage.com

jpnn.com - Mengalami luka perselingkuhan dapat membawa trauma tersendiri bagi diri seseorang. Bila tidak disembuhkan dengan tepat, trauma ini bisa jadi berlarut-larut hingga membuat Anda terpuruk lebih dalam. Lantas, bagaimana sih cara menghilangkan trauma sakit hati yang tepat?

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Hati setelah Diselingkuhi

Agar semua efek di atas tidak sampai terjadi, berikut ada saran dari Ikhsan Bella Persada, M.Psi., psikolog dari KlikDokter:

  1. Usahakan ada teman untuk sharing atau berbagi cerita.

“Akan lebih baik gender dari temen sharing kita ini enggak cuma terbatas pada cewek atau cowok saja. Kalau bisa, dua-duanya ada. Supaya, kamu dapat masukan dari beberapa sudut pandang,” kata Ikhsan.

2. Sebagian orang ada yang tidak bisa langsung menceritakan apa yang dialaminya kepada orang lain. Saran Ikhsan, curahkan perasaan hancur Anda lewat sebuah karya, seperti tulisan, gambar, puisi, dan lagu. Tapi, hindari mengumbar kejelekan pasangan di media sosial.

3. Lakukan berbagai hal yang dulu tidak bisa Anda lakukan saat masih bersama sang mantan. Misalnya, dulu Anda tidak diperbolehkan untuk mengoleksi sesuatu, ngefans dengan artis tertentu, atau jalan bersama teman lawan jenis. Sekarang, lakukanlah hobi menyenangkan Anda yang sempat tertunda. 

4. Jangan langsung cari gantinya. Proses menyembuhkan trauma dan luka itu butuh waktu. Jika langsung berkomitmen lagi, orang lain hanya menjadi pelarian Anda. Malahan, momen pahit yang sama akan terulang kembali. 

5. Sayangi diri Anda. Jangan telan mentah-mentah bahwa perselingkuhan itu terjadi akibat ada kesalahan dari korbannya. Selingkuh akan tetap salah, apa pun motif yang mendasari.

Itulah lima cara menghilangkan rasa trauma sakit hati karena diselingkuhi. Yuk, move on! Jangan terlalu lama berdiam dalam keterpurukan!

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close