Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yuk Rutin Konsumsi Buah Apel

Selasa, 17 Oktober 2017 – 04:58 WIB
Yuk Rutin Konsumsi Buah Apel - JPNN.COM
Apel: FOTO: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - Dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan serat, fitonutrien, dan antioksidan, apel ternyata bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika.

Percobaan klinis tersebut melibatkan orang dewasa sehat yang meminum 350 ml jus apel atau makan dua buah apel setiap hari.

Hasilnya, penurunan kadar kolesterol menurun hingga 20 persen setelah 6 minggu mengikuti diet apel.

Kandungan fitonutrien dalam apel berfungsi untuk melawan LDL (kolesterol jahat). Apel juga kaya akan pektin, yang merupakan serat larut yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Dianne Hyson, ahli gizi di penelitian tersebut, mengungkapkan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran terkait dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner. Namun, ini merupakan studi klinis pertama yang menunjukkan manfaat potensial dalam jus apel dan buah apel.

Dia juga mengatakan, asupan jus apel atau apel secara moderat mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung dalam waktu cukup singkat. Meski tampak sepele, diet tersebut mungkin memainkan peran penting bagi kesehatan jantung.

Sementara itu, peneliti dari Finlandia menemukan seorang yang banyak makan apel memiliki tingkat risiko menderita stroke yang lebih rendah. Hal ini berkat senyawa aktif fitonutrien yang terdapat pada apel.

Kandungan fitonutrien dalam apel berfungsi untuk melawan LDL (kolesterol jahat). Apel juga kaya akan pektin, yang merupakan serat larut yang efektif dalam menu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   apel 
BERITA LAINNYA
X Close