Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Zainudin Amali Tepat jadi Ketua DPR Pengganti Novanto

Selasa, 28 November 2017 – 17:12 WIB
Zainudin Amali Tepat jadi Ketua DPR Pengganti Novanto - JPNN.COM
Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sosok calon pengganti Setya Novanto sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai bermunculan. Salah satu yang disebut pantas menjadi pengganti Novanto adalah Ketua Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar Zainuddin Amali.

Kader Partai Golkar dr Christian R Parinsi mengatakan kemampuan Amali memimpin lembaga DPR tidak perlu diragukan karena sudah berpengalaman beberapa periode menjadi anggota dan pimpinan komisi di parlemen.

“Jika akhirnya Pak Novanto diberhentikan, maka DPP Partai Golkar patut mempertimbangkan Zainudin Amali. Dia layak meneruskan jabatan ketua DPR RI sampai berakhir masa bakti keanggotaan DPR ini,” kata Christian kepada wartawan di Jakarta, Selasa (28/11).

Dia menegaskan rekam jejak Amali juga sangat bagus. Menurut Christian, riwayat politiknya selama ini relatif bersih atau tidak pernah berurusan dengan aparat penegak hukum karena kasus korupsi.

“Saya kira dia bersih, rekam jejaknya sebagai politikus membuktikan dia aman sehingga kepemimpinannya tidak akan bermasalah,” ujar Christian.

Dia memaparkan Amali terpilih menjadi anggota DPR pada pemilu 2004 dari daerah pemilihan Gorontalo. Pada pemilu 2009 dan 2014 Amali kembali terpiih sebagai anggota DPR dari dapil Jawa Timur. Sebelum menjadi ketua Komisi II DPR, Amali pernah menjabat wakil ketua Komisi VII DPR.

“Pengalamannya memimpin Partai Golkar juga sudah pernah, saat menjadi ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur,” kata Christian.

Dia menegaskan jika Amali dipercaya sebagai ketua DPR, bisa dianggap mewakili Indonesia bagian Timur. Sebab, dalam sejarah DPR sosok ketuanya belum pernah berasal dari Indonesia Timur. “Dia kelahiran Gorontalo, sehingga bisa kita anggap mewakili Indonesia bagian Timur pada pimpinan DPR,” tuntasnya.(boy/jpnn)

Jika akhirnya Pak Novanto diberhentikan, maka DPP Partai Golkar patut mempertimbangkan Zainudin Amali sebagai ketua DPR RI.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close