Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Zeals Asia Wadahi UMKM Tingkatkan Pendapatan yang Menurun Selama Covid-19

Jumat, 16 September 2022 – 19:05 WIB
Zeals Asia Wadahi UMKM Tingkatkan Pendapatan yang Menurun Selama Covid-19 - JPNN.COM
Perusahaan berbasis data, Zeals Asia menyatakan kesiapannya membantu pengembangan bisnis dan UMKM meningkatkan pendapatan. Foto: Zeals Asia

jpnn.com, JAKARTA - Perusahaan berbasis data, Zeals Asia menyatakan kesiapannya membantu pengembangan bisnis dan UMKM memasarkan produk serta meningkatkan pendapatan melalui ekosistem digital.

Zeals Asia melihat pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor perekonomian di Indonesia. Salah satu sektor yang sangat terpukul ialah UMKM, yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional.

Data survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan bahwa selama pandemi, 94,69 persen usaha mengalami penurunan penjualan.

Berdasarkan skala usaha, penurunan penjualan lebih dari 75 persen dialami oleh 49,01 persen usaha ultramikro, 43,3 persen mikro, 40 persen usaha kecil, dan 45,83 persen menengah.

“Ini adalah awal yang baru dan hari yang luar biasa bagi Zeals Asia, kami akhirnya dapat berpartisipasi dalam mewujudkan misi Indonesia: pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Hari ini akan menjadi awal dari perjalanan kita bersama," jelas CEO dan Founder Zeals Asia Tommy Teguh Susetio dalam keterangannya, Jumat (16/9).

Terjadinya fenomena Covid-19 pada akhirnya mengharuskan seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan aktivitas secara daring.

Zeals Indonesia mengutip dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah yang mencatat UMKM di Indonesia masih kesulitan memanfaatkan platform digital seperti media sosial untuk berjualan.

Riset juga menunjukkan bahwa masih banyak UMKM yang memilih berjualan secara
offline daripada online, dikarenakan adanya beberapa kendala yang UMKM hadapi dalam menjajakan dagangannya.

Zeals Asia melihat pandemi Covid-19 telah melumpuhkan berbagai sektor perekonomian, khususnya UMKM di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close