Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ziarahi Makam Kiai Hasyim, Kang Hasan Teringat Sosok Teladan

Kamis, 25 Januari 2018 – 17:01 WIB
Ziarahi Makam Kiai Hasyim, Kang Hasan Teringat Sosok Teladan - JPNN.COM
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin saat ziarah di makam KH Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat, Kamis (25/1). Foto: istimewa for JPNN.Com

jpnn.com, DEPOK - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat dari PDI Perjuangan Tb Hasanuddin menziarahi makam KH Hasyim Muzadi di Depok, Kamis (25/1). Kang Hasan -panggilan akrab Hasanuddin- menilai mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) merupakan tokoh yang patut diteladani.

Hasanuddin mengatakan banyak hal yang bisa diteladani dari kiprah Kiai Hasyim. Ulama asal Tuban, Jawa Timur itu semasa hidupnya dikenal getol mengampanyekan toleransi dan pluralisme.

"Beliau tokoh pluralisme dan kami ingin mencoba mempelajarinya, setidaknya sedikit saja saya bisa tiru beliau," ujarnya usai ziarah di makam Kiai Hasyim di Pondok Pesantren Alhikam, Kota Depok, Kamis (25/1/2018).

Lebih lanjut Kang Hasan mengatakan, Kiai Hasyim selalu mengeluarkan kata-kata yang menebar kebaikan dan pesan positif. Sebab, Kiai Hasyim memang arif, bijak dan humanis.

Ziarahi Makam Kiai Hasyim, Kang Hasan Teringat Sosok Teladan

Cagub Jabar TB Hasanuddin saat memanjatkan doa di samping makam KH Hasyim Muzadi di Depok, Jawa Barat.

Namun, ada hal yang juga diingat Kang Hasan dari sosok Kiai Hasyim. Yakni gaya humorisnya, termasuk ketika menyampaikan pesan dan nasihat

"Sisi humanis beliau (Kiai Hasyim, red), guyonannya, bicaranya di luar kemampuan kita. Beliau punya jangkauan yang lebih luas dari kami," papar mantan Sekretaris Militer Kepresidenan itu.

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin mengenang almarhum KH Hasyim Muzadi sebagai sosok yang bijak, arif, humanis, sekaligus humoris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close