Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Akuisisi Tiga Blok Migas

Rabu, 12 Desember 2012 – 08:20 WIB
Pertamina Akuisisi Tiga Blok Migas - JPNN.COM
JAKARTA -  PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energy (PHE), mengincar lima blok minyak dan gas (migas) untuk diakuisisi akhir tahun ini. Tiga blok migas sudah didapat, yaitu di lepas pantai Kalimantan Timur dekat perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

"Dari tiga blok yang kami akuisisi dari Anadarko Offshore Holding Company LLC, Pertamina akan menjadi operator di Blok Nunukan. Sedangkan di kedua lapangan lainnya, mitra kami sebagai operator," ujar Presiden Direktur PHE, Salis Aprilian kemarin. Penandatanganan kesepakatan definitif untuk transaksi ini telah dilakukan kedua belah pihak pada Senin (10/12) lalu.

Ketiga anak usaha Anadarko yang diakuisisi Pertamina adalah Anadarko Ambalat Limited yang menguasai 33,75 persen hak partisipasi di Blok Ambalat, Anadarko Bukat Limited yang memegang 33,75 persen hak partisipasi Blok Bukat, dan Anadarko Indonesia Nunukan Company yang memiliki 35 persen hak partisipasi Blok Nunukan,"Ketiganya masih dalam tahap eksplorasi," terangnya

Akuisisi blok migas merupakan salah satu strategi Pertamina dalam mengembangkan sektor hulu migas, terutama dalam meningkatkan kemampuan teknologi operasi di laut dalam. Meskipun Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (BP Migas) sudah bubar, namun Pertamina secara internal tetap berupaya mendongkrak produksi migas nasional,"Kita ingin membantu pemerintah," tegasnya.

JAKARTA -  PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Energy (PHE), mengincar lima blok minyak dan gas (migas) untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close