Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dorong Edukasi Konsumen Agar Tak jadi Korban Investasi Bodong

Minggu, 04 Agustus 2013 – 00:33 WIB
Dorong Edukasi Konsumen Agar Tak jadi Korban Investasi Bodong - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Maraknya investasi bodong yang banyak memakan korban akhir-akhir ini dinilai tak luput dari kurangnya kiprah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karenanya, Komisi XI DPR yang membidangi keuangan dan perbankan mendorong OJK untuk makin aktif mengedukasi masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi XI DPR, Harry Azhar Aziz, OJK harus menempatkan diri sebagai pihak yang mudah diakses masyarakat. Artinya, OJK bisa secepatnya memberi respon ketika ada masyarakat menanyakan status perizinan lembaga investasi maupun produk-produknya.

"Kan bisa seperti customer service kartu kredit, begitu ditelpon untuk konfirmasi, langsung memberi respon. Kalau OJK cekatan, akan banyak warga terselamatkan dari kejahatan investasi," kata Harry.

Ditambahkannya, OJK bisa saja memasang nama-nama lembaga investasi beserta produknya melalui laman di di internet. Dengan demikian, publik makin muda mendapatkan kepastian saat hendak berinvestasi pada sebuah lembaga jasa keuangan.

Bahkan, Harry menyarankan OJK berani memublikasikan nama-nama perusahaan investasi bermasalah. "Kesehatan industri keuangan itu kan ada di OJK. Dia bisa bikin ratingnya. Kalau tidak mengumumkan secara keseluruhan, ya yang negatif-negatif dipublikasi agar publik juga tak terjerumus," ucapnya.

Politikus Partai Golkar itu justru mengkritisi kurang aktifnya OJK dalam mengedukasi masyarakat. Menurutnya, dari sekitar Rp 1,7 triliun anggaran OJK, ada dana edukasi masyarakat sebesar Rp 60 miliar. "Tapi informasi yang saya dengar hingga setengah tahun anggaran, dana edukasi masyarakat baru terserap empat persen. Ini yang harus kita push (dorong, red)," tegasnya.

Tak hanya itu, Harry juga mendorong OJK mengaktifkan kinerja intelijen keuangan sehingga kejahatan investasi bisa diatasi sebelum terjadi. "Kita akan bahas dengan OJK soal bagaimana mengaktifkan fungsi intelijen keuangan ini," katanya.

Belum lama ini anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S Soetino mengungkapkan bahwa pihaknya selama Januari hingga Juli 2013 mendapat 2100 laporan dari masyarakat melalui call center 500655. Tuti -panggilan Kukumaningtuti- mengungkapkan bahwa sejauh ini  baru 40 perusahaan investasi itu tengah dipantau Satgas Waspada Investasi bentukam OJK.

JAKARTA - Maraknya investasi bodong yang banyak memakan korban akhir-akhir ini dinilai tak luput dari kurangnya kiprah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close