Ribuan Bidan Minta Diangkat Jadi PNS

Senin, 19 Agustus 2013 , 10:30:00
Para bidan berstatus pegawai tidak tetap (PTT) saat menggelar aksi unjuk rasa di Monas, Senin (19/8). Foto: Ricardo/JPNN

JAKARTA - Ribuan bidan berstatus pegawai tidak tetap (PTT) dari berbagai daerah menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Senin (19/8). Mereka menuntut untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Para bidan ini berkumpul di depan Hotel Grand Hyatt sejak pukul 08.00 WIB. Massa bidan tampak berpakaian seragam putih dan ada yang berseragam cokelat. Mereka membawa poster dan spanduk bertuliskan tuntutan agar diangkat menjadi PNS.

Dalam tuntutannya, demonstran yang didominasi oleh perempuan itu meminta revisi surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 77 Tahun 2000 tentang perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 23 Tahun 1994 soal pengangkatan bidan sebagai PTT. Keppres mengatur bahwa masa kerja PTT selama tiga tahun dan dapat diperpanjang paling banyak dua kali dengan setiap kali perpanjangan adalah tiga tahun.

Para bidan juga menuntut pencabutan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 7 Tahun 2013 tentang pedoman pengangkatan dan penempatan dokter dan bidan sebagai PTT. Mereka meminta Permenkes mengatur pengangkatan PTT sebagai PNS setelah berakhirnya masa penugasan.

Aksi unjuk rasa ribuan bidan ini menimbulkan kemacetan di kawasan Bundaran HI. Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Sudirman menjadi tersendat.(dil/jpnn)

Komentar (1)
lia 20.08.2013 | 00:00 WIB
Smoga dgn bidan yg berunjuk rasa,membuka hati para pemimpin kita utk memberikan Solusi ٻ&ac irc;g Bner sesuai undang2 yg berlaku,Bidan bnyak pengganguran akibat menjamurnya sekolah bidan swasta, ٻ&ac irc;g menimbulkan tingkat penggangguran ٻ&ac irc;g tinggi,mohon Ada penundaan utk penerimaan sekolah bidan sehingga bidan yang Ada benar bisa lebih berkualitas Dan bekerja,bidan pun tidak Ada pengganguran dgn tingkat uang kuliah yg lumayan tdak sdkit,âºÑ& Atilde;¥Î®Ô ; tua rela membuat ankny bidan dgn berfikir bahwa ankny lebih mudah mendapatkn pekerjaan Dan ÃiÅ¡Â ;ª dit4kn dimanapn.ternyata alhasil tdak Ada,karna banyakny bidan yg tamat tiap tahunny..sedangkan lapangan pekerjaan tidak sesuai..kalau bidan yang Ada dipekerjakan akan menciptakan bidan2 siap pakai Dan berpengalaman..trims