Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Imigrasi Batam Sudah Terbitkan 27.820 Paspor pada Triwulan Satu 2024

Sabtu, 27 April 2024 – 00:02 WIB
Imigrasi Batam Sudah Terbitkan 27.820 Paspor pada Triwulan Satu 2024 - JPNN.COM
Proses layanan pembuatan paspor di Imigrasi Batam (ANTARA/Jessica)

jpnn.com, BATAM - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) sudah menerbitkan 27.820 paspor biasa dan elektronik untuk masyarakat pada triwulan satu tahun 2024.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Kharisma Rukmana mengatakan dari 27.820 paspor yang diterbitkan, terdiri dari 19.738 paspor biasa dan 8.082 paspor elektronik.

Dia menyampaikan minat warga Kota Batam terhadap paspor elektronik masih rendah dibandingkan dengan kota-kota besar di Indonesia.

"Kalau dilihat dari angka ini, minta warga Batam terhadap e-paspor kurang diminati. Lebih banyak yang mengajukan paspor biasa. Padahal dari kami sudah menyosialisasikan bahwa e-paspor itu lebih maksimal penggunaannya dari paspor biasa," kata Kharisma.

Salah satu keunggulan dari e-paspor yaitu bebas visa kunjungan ke Jepang.

Selain itu adapun kelebihan lainnya terhadap e-paspor yaitu keamanan data tingkat tinggi, proses imigrasi yang lebih cepat, dan penerimaan luas di negara lain.

"E-paspor bebas visa ke Jepang, itu yang paling menonjol. Mungkin nanti akan ada penambahan ke negara lainnya untuk bebas visa kunjungan. Kalau paspor biasa harus ajukan permohonan visa dulu," ujar dia.

Berdasarkan data Imigrasi Batam, total jumlah permohonan paspor biasa pada 2024 pada Januari sebanyak 7.649 paspor, Februari sebanyak 6.641 paspor, Maret sebanyak 5.451 paspor.

Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam sudah menerbitkan 27.820 paspor pada triwulan I 2024.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close