Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Yayasan Ini Dibentuk untuk Lindungi Hutan Tropis di Indonesia

Sabtu, 06 Februari 2016 – 03:52 WIB
Yayasan Ini Dibentuk untuk Lindungi Hutan Tropis di Indonesia - JPNN.COM
Ilustrasi. Foto: AFP

jpnn.com - JAKARTA--Demi melindungi hutan tropis di Indonesia, Asia Pulp & Paper (APP) membentuk yayasan baru, Belantara. Menurut Kepala Dewan Pengawas Yayasan Belantara Marzuki Usman, Yayasan Belantara akan bekerja sama dengan berbagai komunitas, masyarakat umum, pemerintah dan pelaku usaha, untuk memastikan tercapainya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan komunitas lokal, dan pelestarian lingkungan.

Dewan Penasihat yang baru terbentuk merupakan gabungan dari para tenaga ahli dari sektor-sektor pemerintahan, lembaga nonprofit dan swasta dari berbagai negara.

"Tugas Yayasan Belantara juga meliputi peremajaan hutan alam dan perlindungan satwa langka, serta berbagai penelitian untuk pengelolaan lanskap berkelanjutan yang lebih baik," ujar Marzuki, Jumat (5/1).

Dia menambahkan, Yayasan Belantara akan mendukung pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi setempat, terutama di daerah-daerah yang sangat bergantung pada kekayaan alam.

‎Yayasan Belantara beserta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Yapeka, APP, dan rekan-rekan kerja lainnya telah merampungkan rancangan utama untuk pelestarian alam sebagai panduan dalam menerapkan proyek-proyek kerjanya.

"Berdasarkan masukan dari para pemangku kepentingan yang terkait, telah dipilih sepuluh lanskap prioritas di Indonesia, yang merupakan area usaha kehutanan komersil yang dikelola APP serta para pemasoknya," ujarnya.

Kesepuluh lanskap ini terdiri dari beraneka ragam ekosistem dan mayoritasnya berupa rawa-rawa, termasuk hutan bakau, hutan rawa gambut, hutan rawa air tawar, serta hutan tropis dataran rendah dan padang rumput.‎ (esy/jpnn)

JAKARTA--Demi melindungi hutan tropis di Indonesia, Asia Pulp & Paper (APP) membentuk yayasan baru, Belantara. Menurut Kepala Dewan Pengawas

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close