Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SURVEI: Kinerja Polri Di Era Jokowi Memuaskan Publik

Kamis, 12 Mei 2016 – 20:03 WIB
SURVEI: Kinerja Polri Di Era Jokowi Memuaskan Publik - JPNN.COM
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Eksekutif Indonesia Develomment Monitoring (IDM), Widodo Tri Sektianto menilai Polri pada masa pemerintahan Jokowi-JK yang dipimpin Jenderal Badrodin Haiti dan Wakapolri Komjen Budi Gunawan berhasil meningkatkan kinerja kepolisian dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Ada peningkatan ekspresi kepuasan publik terhadap Polri yang lebih mengemuka ketimbang kesan negatif pada era pemerintahan Jokowi-JK dibanding era pemerintahan sebelumnya,” kata Widodo saat memaparkan hasil survei IDM bertajuk “Potret Polri Dimata Publik di Era Pemerintahan Jokowi-JK", Kamis (12/5).

IDM, lanjutnya, melakukan survei tentang kinerja Polri secara nasional dengan responden yang terpilih dan berkualitas untuk memberikan penilaian terhadap kinerja Polri, dilakukan dari 10 hingga 24 April, di 33 Kota Provinsi di Indonesia.

Dari hasil survei terlihat, masyarakat menilai kepemimpinan Badrodin Haiti dan Budi Gunawan membawa korps Kepolisian dalam posisi yang baik.

“Sekitar 88.6 persen koresponden menilai terjadi kerjasama yang padu dan kompak antara Kapolri dan Wakapolri dalam memperbaiki kinerja Polri," tegasnya.

Saat responden ditanya mengenai masa jabatan Kapolri yang dibatasi dengan usia pensiun anggota Polri 58 tahun, apakah perlu diperpanjang? Pertanyaan tersebut 79.3 persen responden mengatakan perlu diperpanjang dengan alasan agar seorang Kapolri bisa benar-benar menata dan memperbaiki kinerja Polri dalam melayani masyarakat.

“Masa jabatan Kapolri di bawah tiga tahun, singkat karena tidak akan memberikan perubahan signifikan  bagi institusi Polri. Apalagi sudah jadi tradisi ganti pimpinan ganti kebijakan," katanya.

Alasan responden setuju masa jabatan Kapolri diperpanjang hingga usia 60 tahun lanjutnya, adalah tingkat kesehatan masyarakat Indonesia untuk hidup sehat sudah makin meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close