Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perhatikan Foto Ini, Bu Guru Hanya Mengajar 1 Siswa

Rabu, 27 Juli 2016 – 10:12 WIB
Perhatikan Foto Ini, Bu Guru Hanya Mengajar 1 Siswa - JPNN.COM
Guru hanya mengajar 1 murid. Foto: Radar Sampit

jpnn.com - SAMPIT – Persaingan tidak sehat terjadi antara sekolah swasta dan negeri di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ketika sekolah negeri banjir anak didik, tak demikian dengan swasta.

Beberapa sekolah swasta mengaku mengalami penurunan peminat siswa baru. Bahkan di antaranya hanya ada mampu menjaring satu siswa baru. Itu terjadi di SMP Miftahuttaqwa di Jalan Muchan Ali, Gg Attarbiyah Sampit.

Saat Radar Sampit (JPNN Group) mendatangi SMP itu, Selasa (26/7) kemarin, fakta memilukan terlihat. Ruangan yang cukup besar hanya ada satu siswa dan satu guru. Hal itu seakan tak mencerminkan suasana ruang belajar.

Meski begitu, hal tersebut tak memengaruhi proses belajar mengajar. Guru perempuan berjilbab itu tetap menjalankan tugasnya mentrasfer ilmu kepada satu-satunya peserta didik di sekolah tersebut.

Salah seorang staff di sekolah tersebut yang enggan di korankan namanya mengaku penurunan peminat siswa baru sudah beberapa tahun terjadi. Terutama sejak sekolah negeri melakukan permintaan penambahan kuota. Seperti yang terjadi pada penerimaan siswa baru tahun ini.

“Penambahan kuota di sekolah negeri berimbas ke sekolah kami. Masyarakat pasti lebih memilih sekolah yang lebih bagus terlebih dahulu, jadi kami cuma dapat sisanya,” ucapnya.

Kondisi serupa juga terjadi di MTs Swasta Nurul Ummah Jalan Suprapto Sampit. Sekolah tersebut mendapat jatah dua  rombongan belajar (rombel) atau setara dengan 72 siswa.

Tapi jumlah siswa baru yang didapatkan hanya sepuluh  orang. Padahal bangunan dan fasilitas di sekolah tersebut cukup memadai. Apalagi dengan akreditasi B yang mereka terima seharusnya sudah cukup untuk memenuhi standarisasi sekolah yang baik.

SAMPIT – Persaingan tidak sehat terjadi antara sekolah swasta dan negeri di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Ketika sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close