Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

20 Tahun Menetap di AS, Balik ke Indonesia Demi Panggilan Jokowi

Kamis, 28 Juli 2016 – 10:10 WIB
20 Tahun Menetap di AS, Balik ke Indonesia Demi Panggilan Jokowi - JPNN.COM
Archandra Tahar, menteri ESDM yang baru. Foto Yessy Artada/jpnn

jpnn.com - ARCHANDRA Tahar, tak pernah bermimpi bakal diangkat sebagai menteri di Indonesia. Menetap selama 20 tahun lamanya di Amerika Serikat (AS), Archandra kini kembali ke Indonesia demi permintaan Presiden Joko Widodo, untuk menjadi menteri.

Archandra rela mengorbankan posisi empuknya sebagai Presiden di Petroneering Houston di Texas. Di perusahaana yang bergerak di bidang energi dan minyak itu, ia menjabat sejak 2003.

 

Yessy Artada, Jakarta

Penampilan Archandra tak terlihat sebagai pria yang lama menetap di luar negeri. Ia berpenampilan sangat sederhana saat dilantik di Istana oleh Presiden Joko Widodo. Tak tampak kemewahan mentereng, yang terlihat pada penampilannya.

Pria 45 tahun itu mengaku terpilih sebagai menteri ESDM dalam waktu yang singkat. Pasalnya ia baru tiba di Indonesia pada Minggu (24/7) kemarin. Setibanya di Indonesia, Jokowi mengundangnya untuk sekedar berdiskusi.

Dari diskusi itu, Jokowi tampaknya kepincut dengan kepiawaian Archandra memberikan penjelasan. Serta latar belakangnya yang sudah tak perlu diragukan lagi.

"Ceritanya agak surprise. Saya juga nggak bermimpi (diangkat menjadi menteri-red). Saya diberi kesempatan berdiskusi dengan beliau (Jokowi). Dari situ diskusi berlanjut, baru beberapa hari lalu, singkat sekali, nggak sampai seminggu. Saya baru tiba di Indonesia Minggu kemarin," ujar Archandra.

ARCHANDRA Tahar, tak pernah bermimpi bakal diangkat sebagai menteri di Indonesia. Menetap selama 20 tahun lamanya di Amerika Serikat (AS), Archandra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close