1 Orang Meninggal, 89 Dirawat Akibat Keracunan Ayam Kremes

Rabu, 29 Mei 2019 – 02:21 WIB
Para korban keracunan ayam kremes mendapat perawatan. Foto: Radar Solo

jpnn.com, WONOGIRI - Korban keracunan nasi ayam kremes di Baturetno terus berjatuhan. Sedikitnya 89 orang dirawat inap dan rawat jalan. Bahkan, salah seorang korban meninggal dunia pada Senin (27/5) malam.

Satu korban meninggal dunia atas nama Poerwanto, 48, warga Duwet Lor RT 03 RW 16 Desa Baturetno.

BACA JUGA: Kasus Pengeroyokan Kasat Reskrim Wonogiri, Polisi Tetapkan 21 Tersangka

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Adhi Dharma mengatakan, korban juga menyantap ayam kremes serta sambal pada Minggu (26/5). Kemudian, pada Senin pagi, korban sudah diare, muntah, dan lemas.

”Korban tidak mau dibawa berobat. Korban hanya minum air putih. Pada Senin malam, korban hilang kesadaran lalu dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Batureno. Namun, saat ditangani dokter, korban sudah meninggal,” kata Adhi, Selasa (28/5).

BACA JUGA: Dandim dan Kapolsek Ikut Keracunan Makanan

BACA JUGA: Dandim dan Kapolsek Ikut Keracunan Makanan

Sementara itu, hingga Selasa (28/5), jumlah penderita yang rawat jalan sebanyak 34 orang dan rawat inap 55 orang. Mereka semua menyantap nasi ayam kremes dalam kardus yang dibagikan saat acara Yasinan peringatan 40 hari meninggalnya warga Duwet Kidul. Nasi ayam kremes itu dipesan EP di warung TP Batu Lor.

BACA JUGA: Di Sini Masih Ada Ratusan Ribu Jomlo

”Para penderita dirawat di sejumlah rumah sakit di Wonogiri. Ada juga yang dirujuk ke RS dr Oen Kandang Sapi Solo,” papar Adhi. 

Dugaan sementara, keracunan disebabkan oleh sambal. Pasalnya, tidak semua yang hadir dalam Yasinan warga itu mengalami keracunan. 

”Pemilik acara pesan ayam kremes dan sambal saja, lalu di-packing sendiri dengan kardus yang beli sendiri, nasinya masak sendiri. Snack juga masak sendiri. Yang hanya makan snack tidak mengalami gejala keracunan. Yang makan ayam kremes dan nasi saja juga tidak keracunan,” papar Adi.

BACA JUGA: Warga Korban Keracunan Makanan Sampai Dirawat di Lorong Rumah Sakit

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti menuturkan, Polsek Baturetno tengah menyelidiki kasus keracunan tersebut. "Hasil penyelidikan sementara keracunan diduga dari sambal ayam kremes," katanya. (rs/kwl/per/JPR)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Warga Korban Keracunan Makanan Sampai Dirawat di Lorong Rumah Sakit


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler