10 Makanan Sehat yang Membantu Melancarkan Peredaran Darah Anda

Selasa, 06 September 2022 – 02:10 WIB
Kacang Kenari (Walnut). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - MEMILIKI peredaran darah yang normal bisa membuat tubuh Anda tetap bugar dan sehat.

Sirkulasi darah normal membawa oksigen dan nutrisi ke sel-sel dalam tubuh melalui arteri, dan produk limbah diambil oleh vena dan diangkut kembali ke hati, jantung dan paru-paru.

BACA JUGA: 9 Makanan Sehat yang Bisa Bantu Usir Jerawat di Wajah

Nah, ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu melancarkan peredaran darah Anda.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Veinclinics.

BACA JUGA: 3 Masalah Kulit yang Terjadi Akibat Peredaran Darah Tidak Lancar

https://www.veinclinics.com/blog/10-foods-that-will-increase-blood-flow-circulation/?fbclid=IwAR0rkyYTP_548D0nSp3GZMtbxh2h_JcVJZEx2hlRhVKfu1_tHX6rtQ651Rg.

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan sehat yang tidak hanya dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, tetapi juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

BACA JUGA: Bakar Lemak Tubuh dengan 9 Makanan Sehat Ini

Secara khusus, senyawa belerang dalam bawang putih menyebabkan vasodilatasi, meningkatkan aliran darah di jaringan.

Telah terbukti bahwa orang yang mengonsumsi tablet bubuk bawang putih yang mengandung 1.200 mg allicin dua kali sehari selama tiga bulan mengalami peningkatan 50 persen dalam aliran darah.

2. Capsaicin

Capsaicin inilah yang membuat cabai rawit panas dan membantu menurunkan tekanan darah, sekaligus memperluas pembuluh darah Anda karena oksida nitrat yang dikandungnya.

Selain itu, ini membantu mencegah penumpukan plak di arteri.

3. Kunyit

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok sejak zaman dahulu.

Ini membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi peredaran darah.

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit membantu meningkatkan produksi oksida nitrat, mengurangi stres oksidatif, dan mengurangi peradangan.

4. Jahe

Jahe adalah bahan pokok lain yang harus ada di dapur Anda karena tidak hanya memberikan rasa yang enak pada hidangan, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi Anda.

Digunakan dalam pengobatan India dan Tiongkok selama ribuan tahun, untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Disarankan untuk mengknsumsi 2-4 gram per hari.

5. Kacang tanah dan Kenari

Dikemas dengan nutrisi seperti vitamin E dan kacang L-arginine, seperti kenari bekerja untuk meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh Anda.

Mengandung asam amino tingkat tinggi serta magnesium, potasium dan kalsium, kacang-kacangan merupakan makanan sehat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda serta mengurangi peradangan yang sangat membantu dengan diabetes.

6. Jeruk

Buah jeruk, lemon dan jeruk bali dikemas dengan antioksidan, termasuk flavonoid.

Mengonsumsi buah jeruk yang kaya flavonoid bisa mengurangi peradangan di tubuh Anda, yang mengurangi kekakuan sekaligus meningkatkan aliran darah dan produksi oksida nitrat.

Juga telah ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir bahwa flavonoid bahkan bisa membantu mengatasi varises, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan fungsi kognitif

7. Ikan berlemak

Ikan berlemak yang mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi seperti salmon, mackerel, tuna, trout, sarden, dan herring membantu melepaskan oksida nitrat ke dalam tubuh yang melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Lemak omega-3 juga membantu mencegah pembentukan bekuan darah, penumpukan plak di arteri, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol HDL yang sehat, dan meningkatkan aliran darah di otot rangka selama dan setelah berolahraga.

8. Berry

Buah beri tidak hanya rasanya yang enak, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

Antioksidan yang terkandung dalam buah beri seperti blueberry, blackberry, cranberry, raspberry, stroberi dan kismis tidak hanya mengandung sifat antiinflamasi, tetapi juga membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi.

Penelitian juga menunjukkan buah beri bisa membantu mengurangi detak jantung dan meningkatkan pelebaran arteri.

9. Bit

Bit mengandung nitrat, yang diubah tubuh menjadi oksida nitrat. Proses ini membantu memperluas pembuluh darah.

Jus bit bisa membantu memperlebar arteri, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan daya tahan atletik.

Suplemen jus bit meningkatkan aliran oksigen di jaringan otot, merangsang aliran darah, meningkatkan peningkatan kadar oksida nitrat dan mengurangi peradangan pembuluh darah yang semuanya meningkatkan kinerja tidak hanya pada atlet, tetapi pada semua orang.

10. Bawang merah

Bawang adalah sumber antioksidan flavonoid yang sangat baik, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi dengan melebarkan arteri dan vena.

Sifat antiinflamasi dalam bawang bombay, dikombinasikan dengan antioksidan flavonoid juga bisa dikaitkan dengan pengurangan peradangan pada arteri dan vena.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler