10 Manfaat Jambu Air, Nomor 5 Luar Biasa

Senin, 08 Agustus 2022 – 06:16 WIB
Jambu Air. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - ADA beberapa jenis jambu yang banyak dikonsumsi orang. Mulai dari jambu biji, jambu mete dan juga jambu air.

Masing-masing dari buah ini tentu saja memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jambu Air, Nomor 3 Bikin Kaget

Jambu air mengandung nutrisi seperti vitamin A, kalsium, zat besi, karbohidrat, serat, dan lainnya.

Namun tahukah Anda, jambu air ternyata bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan Anda.

BACA JUGA: Kontrol Gula Darah dengan Jambu Air Putih

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Finelib.

https://www.finelib.com/about/tropical-fruits-and-vegetables/nutrition-facts-and-health-benefits-of-rose-or-water-apples/248?fbclid=IwAR3Z-IeKTSZZrDJ9Hk4sH6QqBv6AXekMsqZ_9GaUxRWdeaBUcgUeLG9mJOg.

BACA JUGA: Baik untuk Kesehatan Mata, Ini 5 Manfaat Jambu Air yang Perlu Anda Ketahui

1. Mendetoksifikasi Tubuh

Jambu air unik karena mengandung air, vitamin, dan mineral yang berfungsi sebagai detoksifikasi.

Ini menyiratkan bahwa jambu air membantu membersihkan sistem tubuh secara alami untuk menghilangkan zat atau efek beracun dari tubuh.

Ada beberapa cara untuk mendetoksifikasi tubuh, tetapi cara yang paling sehat adalah makan cukup buah-buahan padat nutrisi seperti jambu air untuk membebaskan hati dan seluruh tubuh dari zat berbahaya.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Komponen khusus dengan efek antijamur dan mikroba dalam jambu air membuatnya penting untuk mencegah dan menyembuhkan dan infeksi kulit.

Daun jambu air diperas dan dioleskan pada kulit karena memberikan efek mendinginkan pada kondisi kulit seperti cacar dan menyembuhkan gatal-gatal pada kulit.

Kandungan vitamin C dalam jambu air memiliki peran yang berpengaruh dalam sintesis kolagen membantu merawat kerutan wajah, efek penuaan, dan kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet.

3. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Mengonsumsi jambu air secara teratur bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh atau sel-sel yang rusak dalam tubuh manusia karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup.

Jambu air mengandung 22,3 miligram vitamin C dalam setiap 100 gramnya, yang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan di setiap bagian tubuh manusia.

Tubuh membutuhkan vitamin C dalam jumlah yang baik untuk memperbaiki kapiler yang rusak, pembuluh darah, ligamen dan memelihara jaringan lunak.

Jambu air air adalah salah satu pilihan terbaik untuk mencapai hal ini.

4. Mengatur Tingkat Gula Darah

Jambosine adalah alkaloid kristal bioaktif hadir dalam jambu air menangguhkan pati menjadi gula, sehingga mengatur kadar gula, terutama pada pasien diabetes.

Jambu air mengandung antioksidan alami seperti senyawa polifenol yang mencegah kerusakan jaringan pada sel beta di pankreas, yang menyebabkan diabetes tipe-1.

Sel beta membantu membuat insulin di pankreas, dan kerusakan sel-sel ini menyebabkan diabetes yang bergantung pada insulin, yang dikenal sebagai diabetes mellitus tipe-1.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat jambu air juga membantu kesehatan jantung dengan memoderasi kadar kolesterol darah.

Jambu air mengandung fitokimia alami, epicatechin, yang secara dramatis menurunkan tekanan darah tinggi, yang menyebabkan stroke dan penyakit jantung lainnya.

Hal ini telah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan untuk membandingkan apel mawar dan satin pada efek kolesterol darah.

Mengonsumsi jambu air setiap hari membantu meningkatkan metabolisme jantung dan mencegah masalah jantung tertentu.

6. Mencegah Sembelit

Mencegah sembelit dan membantu pencernaan normal karena serat makanannya yang melimpah dalam jumlah yang baik yang dibutuhkan tubuh untuk pencernaan yang tepat.

Dengan kata lain, asupan jambu air secara teratur membantu mencegah beberapa masalah pencernaan dan memungkinkan pergerakan makanan yang lancar di saluran pencernaan.

7. Mengobati Diare

Daun jambu air bermanfaat dan obat bagi kesehatan manusia karena mengandung zat organik berasa pahit yang disebut tanin sampai tingkat tertentu yang bisa mengobati diare dan mengeringkan air liur.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Beberapa mineral dan vitamin esensial yang cocok untuk ibu hamil hadir dalam jambu air.

Selama kehamilan, ada kondisi kesehatan yang tak terhindarkan seperti mual dan muntah, yang menyebabkan dehidrasi.

Jambu air membantu menjaga ibu hamil tetap terhidrasi.

9. Mencegah Serangan dari Radikal Bebas

Jambu air memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Antioksidan ini juga membantu untuk membersihkan semua radikal bebas yang sudah ada dalam sistem tubuh dan menghentikan reaksi berantai lainnya untuk mencegah kerusakan pada molekul penting.

10. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Diperlukan untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium dengan persentase tertentu (menurut penelitian 29 mg kalsium), yang membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang serta mencegah osteoporosis.

Magnesium, fosfor, dan kalium memainkan peran penting dalam pembentukan tulang, dan menjaga kesehatan gigi juga ada dalam jumlah yang wajar.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany Elisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler