10 Tahun Mati, Dahlan Minta Berdikari Bangkit Lagi

Rabu, 12 Februari 2014 – 14:35 WIB
Menteri BUMN Dahlan Iskan, mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) milik PT Berdikari di Cibitung, Bekasi, Rabu (12/2). Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - CIBITUNG -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Berdikari untuk berbenah diri. Permintaan itu disampaikan Dahlan usai berkunjung ke rumah potong hewan (RPH) di Cibitung, Bekasi, Rabu (12/2).

Usai berkeliling lokasi RPH Berdikari sekitar setengah jam lebih, Dahlan, paham bahwa Berdikari harus segera bangkit dari keterpurukan. Sebab hampir puluhan tahun Berdikari telah mati.

BACA JUGA: Genjot Produksi, Dahlan Iskan Pimpin Konsolidasi BUMN Gula

"Ini cermin perusahaan yang lama dan semaput dan baru tahun lalu mulai dibenahi dan banyak yang harus dilakukan," ujar Dahlan, Rabu (12/2).

Kunjungan ke RPH di Cibitung merupakan kali pertama yang dilakukan Dahlan. "Dulu mau ke sini tapi tertunda terus. Kenapa saya ke sini, karena Berdikari ingin memfungsikan RPH ini lagi. Berdikari harus bangkit lagi," terang dia.

BACA JUGA: Inilah Tugas Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Melihat kondisi RPH di Cibitung, Dahlan sangat prihatin. Sebab bangunan ini seperti tampak tak terawat. Hal itu wajar lantaran selama ini RPH di Cibitung disewakan selama puluhan tahun, dan selama disewa itu bangunannya tak terawat.

"Dulu ketika Berdikari masih sulit, ini disewakan ke orang. Penyewa biasanya enggak mau membangun karena dia menyewanya dalam jangka pendek. Jadi pasti tidak terawat," papar Dahlan.

BACA JUGA: Tiga PLTP Beroperasi Tahun Ini

Pria asal Magetan ini juga berpesan selama perombakan, Direksi Berdikari tak perlu setengah-setengah dalam merelokasi bangunan. Sebab kondisi bangunan yang sudah tua dan usang tak bisa dipertahankan lagi.

"Bangunan fisiknya harus ditata lagi, ini pos satpam dibongkar aja sekalian. Bongkar semuanya jangan sayang-sayang dan harus direncanakan dengan baik. Harus ada penghijauan juga, lokasi ini dirawat dan ditanami pohon mangga atau durian. (Bangunan) ini terasa benar seperti lokasi yang lama sakit. Jadi tanda-tanda kesembuhan harus segera diperlihatkan," tutur Dahlan.

Dengan relokasi bangunan baru, Dahlan yakin hal itu bisa menumbuhkan semangat kerja karyawan Berdikari dan bisa memunculkan ide-ide baru untuk menghidupkan Berdikari. (chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kawasan Industri Minimal 1.000 Hektare


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler